All posts by smanbali_editor sma

MKKS SMP DKI Jakarta Studi Banding Ke SMAN Bali Mandara

Ratusan Kepala Sekolah SMP se-DKI Jakarta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) melakukan studi banding ke SMAN Bali Mandara pada Sabtu, 21 September 2019. Kehadiran mereka ini melengkapi deretan kehadiran insan pendidikan di daerah Ibu Kota Jakarta ke sekolah ini setelah sebelumnya Kadisdik beserta MKKS SMA DKI Jakarta juga melakukan kunjungan yang sama pada 19 Juli 2019.

Tiba di sekolah yang berlokasi di Kubutambahan pukul 11.00 Wita, rombongan yang dipimpin oleh Kasi Peserta Didik PDPK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Drs. Sularno, M.M. ini disambut hangat oleh warga SMAN Bali Mandara. Dengan jumlah rombongan berkisar 200 orang, mereka langsung diarahkan menuju ke Hall Bali Academy. Tari penyambutan “Sembrama Mandara Bajra” menjadi suguhan pembuka bagi para tamu setelah menempuh perjalanan jauh menuju Kubutambahan. Kasubag TU SMAN Bali Mandara, Kadek Yuliartama, yang mewakili kepala sekolah yang berhalangan hadir karena ada tugas diklat, menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut baik kehadiran para tamu yang datang. Dalam sambutannnya, ia banyak memaparkan tentang profil sekolah terkait dengan aktivitas akademik dan nonakademik.

World Hindu Wisdom Meets (WHWM) 2019 Dilaksanakan di SMAN Bali Mandara

SMA Negeri Bali Mandara dipilih sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan internasional World Hindu Wisdom Meets (WHWM) oleh World Hindu Parisad (WHP) pada Jumat, 20 September 2019 di Hall Bali Academy. Kegiatan yang dilaksanakan berbentuk diskusi panel ini menghadirkan tokoh-tokoh besar Hindu yang ada di Indonesia dan luar negeri sebagai pembicara. Tokoh-tokoh tersebut, yaitu Dr. M Chandra Sagaran (Malaysia), Mohan Singh (India), Prof. Subash Candra Dash (India), Dr. Arya Wedakarna (Indonesia), Dato Pardip K. Kukreja (Malaysia), Dr. Tri Handoko Seto (Indonesia), Rajesh Kumar (Singapore), dan Popo Danes (Indonesia). Adapun tema yang diangkat panitia tahun ini adalah “Empowering Future Leader”: Membentuk dan Memperkuat Karater Pemimpin Masa Depan.

Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang hadir didampingi Ibu Putri Suastini Koster, dalam pidatonya menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan internasional yang dilaksanakan di Bali ini. Menurutnya pemilihan Bali sebagai tempat penyelenggaraan sudah tepat karena Bali satu-satunya di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. “Kita harus posisikan Hindu ini secara tepat, kita harus taat menjalankan kehiduan dengan tradisi, budaya, dan agama,” ungkapnya. Ia mengingatkan bahwa tantangan ke depan cukup banyak terutama masalah ideologi. “Bali harus dijaga dari tekanan yang menyerang Bali, ada tantangan besar dan harus dihadapi agar tidak tergerus dan terpinggirkan. Harus jaga kuat-kuat Bali ini agar eksistensi dan keberlanjutan umat Hindu bisa dijaga,” ungkapnya. Ditambahkan, implementasi Visi Pemerintah Provinsi Bali, “Nangun Sat Kerti Loka Bali” juga merupakan bagian dari memproteksi Bali.

Univance Group Kembali Buka Peluang Kuliah ke Jepang

Siswa SMA Negeri Bali Mandara kembali mendapatkan kesempatan berharga karena terbuka peluang melanjutkan studi kuliah ke Jepang. Univance Group, sebuah perusahaan yang berpusat di Jepang datang ke SMA Negeri Bali Mandara dengan membawa akses kuliah lewat Asian Bridge Program (ABP). Program ini sebelumnya telah berhasil meloloskan salah satu alumni SMA Negeri Bali Mandara, Ryan Wartelika untuk kuliah di Shizuoka University, Jepang.

Pada Selasa, 17 September 2019, hadir di SMAN Bali Mandara beberapa tamu penting di lingkungan perusahaan Univance Group, yaitu Mr. Watanabe (HR Univance Japan), Mr. Subrata (GM PT Univance Indonesia), dan Mrs. Ela Maelasari (HRD Manager PT Univance Indonesia). Kehadiran perwakilan perusahaan ini untuk menyosialisasikan secara detail keberadaan Univance Group dalam memberikan beasiswa kuliah ke Negeri Sakura kepada siswa SMAN Bali Mandara lewat Asian Bridge Program (ABP).

Bupati Bantaeng: Negara Harus Hadir di Seluruh Indonesia untuk Anak Miskin

Rabu, 18 September 2019, SMA Negeri Bali Mandara mendapat kunjungan tamu pejabat penting dari Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si. Kehadirian Bupati beserta Pimpinan OPD Kabupaten Bantaeng ini didampingi oleh Para Pimpinan Sampoerna Foundation, Jajaran Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng, dan salah satu anggota DPRD Karangasem. Kehadiran mereka adalah melakukan studi banding untuk melihat secara langsung proses pendidikan untuk siswa miskin di sekolah ini.

Hadir sore hari pukul 15.00 wita di Kubutambahan, rombongan ini langsung disambut hangat oleh Kasubag TU yang mewakili Kepala Sekolah, para Wakasek, guru, staf, serta siswa SMAN Bali Mandara. Acara penyambutan dilaksanakan di Hall Bali Academy yang diawali oleh tari penyambutan “Sembrama Mandara Bajara.”

KEMAH TERPADU SMAN BALI MANDARA TAHUN 2019

Dalam rangka melatih kemandirian dan kepedulian sebagai bagian pembentukan karakter peserta didik, SMA Negeri Bali Mandara melaksanakan program tahunan Kemah Terpadu. Kegiatan ini merupakan gabungan kegiatan yang terdiri atas pelantikan ekstrakurikuler Pramuka, Sispala, PMR, dan KSPAN bagi kelas XI serta Kemah Ilmiah untuk kelas X. Bertempat di Visadha Ashram, Candi Kuning, kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari 9 s.d. 11 September 2019.

Tema yang diambil adalah, “Memadukan Kemandirian dan Kepedulian dalam Balutan Cinta Kasih.” Kegiatan ini dijadikan wadah bagi peserta didik SMAN Bali Mandara untuk dapat membentuk kemandirian siswa, kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, serta membantuk karakter siswa yang penuh perhatian dan cinta kasih.