Category Archives: Aktivitas

Kelulusan Calon Peserta Didik Baru SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2019/2020

Berdasarkan Rapat Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2019/2020 serta hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi Bali, maka peserta didik yang tercantum namanya di bawah ini dinyatakan lulus sebagai Calon Peserta Didik Baru penerima bantuan pendidikan Pemerintah Provinsi Bali di SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Pengumuman di bawah ini!

Pengumuman Kelulusan Calon Peserta Didik

Pengumuman Informasi Kedatangan

Selamat kepada calon peserta didik yang telah lulus sebagai calon peserta didik baru SMA Negeri Bali Mandara.

Learn today, lead tomorrow!

134 Atlet se-Bali Ikuti Kejurprov Xiangqi di Smanbara

Sebanyak 134 atlet se-Bali ikut bersaing dalam Kejuaraan Xiangqi (Catur Gajah) dari panitia Pengurus Provinsi Persatuan Xiangqi Indonesia (PEXI) yang diselenggarakan di SMA Negeri Bali Mandara (Smanbara) pada 8 − 9 Juni 2019. Kejuaraan ini diikuti oleh peserta dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Bali, yaitu Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Kota Denpasar. Panitia membuka beberapa kategori lomba yang meliputi perorangan senior putra, beregu senior putra, perorangan putri, beregu putri, perorangan junior putra, dan beregu junior putra.

Sebelum acara pembukaan pada Sabtu (8/6), Kejurprov xiangqi II tahun 2019 ini dimeriahkan dengan senam AW S3 yang dipandu oleh Instruktur Senam Bapak Sudiarta Indrajaya selaku Ketua Inti Bali yang sekaligus pendiri Inti Klub Bali Sehat. Menurut beliau seluruh atlet harus sehat secara pisik dengan senam AWS3 yang teratur dan unggul otaknya dengan xiangqi untuk memenangkan peraingan global. Selanjutnya, pada acara pembukaan yang dilaksanakan di Aula Bali Academy ini dihadiri oleh Ketua Harian PB Pexi Budi S. Tanuwibowo, Sekretaris Inti Pusat Bpk Ishak Barlian, Sekum KONI Bali, Ketum PEXI Bali Awaluddin Ahai, Ketua Inti Bali, Ketua KONI Kabupaten se Bali, Ketua Pengkab PEXI se Bali, Kepala Sekolah SMA Bali Mandara, dan undangan IKBS Kabupaten buleleng. Di akhir acara, dilaksanakan penanaman pohon di areal SMA Negeri Bali Mandara sebagai ciri tunggak kerja sama organisasi PEXI, Inti Bali, dan KONI Bali dengan SMA Negeri Bali Mandara.

SMA dan SMK Negeri Bali Mandara Lepas 223 Wisudawan

SMA dan SMK Negeri Bali Mandara pada Sabtu (25/5) melaksanakan prosesi wisuda (Graduation) untuk peserta didiknya yang telah menyelesaikan studi pada tahun ini, di Hall Bali Academy. Dalam acara ini dilepas 223 siswa yang terdiri atas 94 siswa dari SMA Negeri Bali Mandara dan sisanya dari SMK Negeri Bali Mandara. Kegiatan wisuda ini merupakan kali ke-6 bagi SMA Negeri Bali Mandara dan yang kedua bagi SMK Negeri Bali Mandara.

Kepala SMK Negeri Bali Mandara, I Wayan Agustiana, dalam sambutannya melaporkan bahwa siswa yang diwisuda tahun ini merupakan siswa yang telah menyelesaikan pendidikan selama dua, tiga, atau empat tahun. Siswa yang menyelesaikan studi selama dua tahun karena mereka mampu mengambil SKS lebih daripada teman-temanya, sedangkan yang menyelesaikan studi selama empat tahun karena mereka mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri (Amerika) selama satu tahun. Selanjutnya, disampaikan pula bahwa para wisudawan ini selama masa pendidikannya di sekolah ini telah menorehkan prestasi yang luar biasa, baik tingkat lokal hingga tingkat internasional. “Salah satunya yang membanggakan adalah meraih medali emas (pada) OPSI 2017 dan sekaligus mewakili Indonesia ke kancah Internasional di Intel-ISEF di Amerika Serikat tahun 2018,” uangkapnya yang diiringi tepuk tangan hadirin.

Bootcamp Hari Ke-3: Ujian Terakhir

Hari ini, Rabu (22/5), merupakan hari terakhir pelaksanaan Bootcamp untuk calon peserta didik baru SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2019/2020. Tahap proses seleksi yang telah berlangsung sejak dua hari lalu ini, juga menjadi ujian terakhir bagi para peserta.

Kegiatan hari ini diawali seperti biasa dengan bangun pagi bagi para peserta pukul 04.45 Wita yang dilanjutkan dengan pembersihan di asrama. Usai mandi, makan, dan sembahyang, selanjutnya para peserta mulai melaksanakan ujian terakhir berupa Tes Logika dan Kemampuan Bahasa pukul 08.00 wita di Hall Bali Academy. Kegiatan yang berlangsung selama 90 menit ini diikuti oleh seluruh peserta dengan serius dan tertib.

“Bootcamp Hari ke-2 : Biasakan Diri, Siapkan Mental”

Selasa (21/5), peserta bootcamp telah memenuhi lapangan basket SMA Negeri Bali Mandara sejak pukul 4.45 pagi untuk mengikuti olahraga pagi. Hari ini, tepat di hari kedua pelaksanaan bootcamp. Untuk peserta bootcamp, ini merupakan pertama kalinya menjalani hari selayaknya siswa SMA Negeri Bali Mandara.

Pagi ini merupakan pertama kalinya peserta bootcamp merasakan aktivitas selayaknya siswa SMA Negeri Bali Mandara. Mulai dari bangun tidur pada pukul 4.45 pagi hingga piket asrama. Kegiatan diawali dengan olahraga pagi oleh peserta bootcamp. Dengan keadaan yang masih sangat pagi, mereka tampak kesusahan mengikuti kegiatan olahraga pagi, terutama saat push up dan sit up. Banyak diantara mereka yang belum bisa melakukan sit up dan push up. Sebagian dari mereka secara bergiliran mengikuti tes kesehatan, yang berlangsung di aula SMA Negeri Bali Mandara. Tes kesehatan ini meliputi uji sampel darah dan urin yang dilaksanakan oleh pegawai klinik SMA Negeri Bali Mandara dan bantuan petugas dari Lab Kesehatan.