Monthly Archives: March 2019

Wakasek Kurikulum Smanbara Dipercaya sebagai Narasumber Simposium Pustekom Kemdikbud RI

Proses pembelajaran dan pendidikan karakter yang selama ini diterapkan secara maksimal kepada peserta didik di SMA Negeri Bali Mandara menjadi dasar dipercayanya sekolah ini sebagai narasumber pada gelaran Regional Simposium Jabatan Fungsional Pengembangan Teknologi Pembelajaran (PTP) yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekom) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. PTP sendiri merupakan jabatan fungsional di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini dikoordinir oleh Pustekom yg bertugas mengembanggkan media dan inovasi teknologi pembelajaran. Kegiatan simposium PTP yang merupakan ajang tahunan bagi pengembang teknologi pembelajaran ini dilaksanakan di Crowne Plaza Hotel, Semanggi, Jakarta Selatan, pada Senin, 25 Maret 2019.

SMAN Bali Mandara yang diwakili oleh Wakasek Bidang Kurikulum, I Kadek Darsika Aryantha, diundang sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Adapun tema yang diangkat dalam simposium ini adalah “Peningkatan Karakter melalui Teknokolgi Pembelajaran.” Di hadapan peserta yang hadir sekitar 300 orang dari seluruh PTP di Indonesia dari berbagai instansi (P4TK,LPMP, universitas, dan lembaga lainya), Darsika tidak hanya menyampaikan inti materi tentang proses pembelajaran dan pendidikan karakter, tetapi juga bagaimana implementasi model dan aplikasi pembelajaran di SMAN Bali Mandara.

“Student of The Month” Trik Lecut Motivasi Belajar Siswa

“(penghargaan ini) bukan tujuan utama ya, tetapi side effect atau efek samping dari akumulasi belajar kalian. Ini untuk memotivasi semua siswa agar bisa belajar lebih bagus lagi.” Demikian ungkap Wakasek Bidang Kurikulum, I Kadek Darsika Aryantha, dalam acara penghargaan Student of The Mounth di Hall Sekolah, pada Selasa pagi, 19 Maret 2019.

Pada kegiatan yang dilaksanakan usai silent reading itu, ditetapkan peraih penghargaan untuk siswa kelas X dan XI yang masing-masing ada tiga orang dari program IPA dan IPS. Penetapan ini didasarkan atas raihan Indeks Prestasi (IP) mereka hingga bulan ini pada semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun siswa peraih student of the month tersebut sebagai berikut.

SMA Negeri Bali Mandara Kembali Sukses Laksanakan USBNBK

SMA Negeri Bali Mandara kembali sukses melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) untuk kedua kalinya setelah tahun lalu juga melaksanakan USBN berbasis komputer. Selain untuk tetap mendukung integritas dalam pelaksanaan ujian, pemilihan ujian berbasis komputer juga sebagai ajang persiapan pelaksanaan Ujian Nasional pada bulan April nanti. USBNBK ini telah mulai dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Februari 2019 dan berakhir pada Rabu 13 Maret 2019.

Juara 1 Menulis Artikel Berbahasa Bali, Weda Sanjaya Terima Penghargaan Gubernur Bali

Guru Bahasa Bali SMA Negeri Bali Mandara, I Gusti Bagus Weda Sanjaya, mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Gubernur Bali atas keberhasilannya menjadi juara 1 pada ajang lomba Menulis Artikel/Opini Berbahasa Bali serangkaian Bulan Bahasa Bali tahun 2019. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh oleh Gubernur Bali, Dr I Wayan Koster, pada Acara Penutupan Bulan Bahasa Bali, Kamis (28/2) di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya (Art Center) Bali di Denpasar.

Dalam artikel/0pininya tersebut, Weda Sanjaya mengangkat judul “Kearifan Lokal Milenial (Linggih Basa, Aksara, miwah Sastra Bali ring Aab Revolusi Industri 4.0). Menurutnya, Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali mampu menjadi jati diri dan karakter krama Bali yg akan memberikan nilai tambah dalam persaingan krama Bali menyongsong era revolusi industri 4.0. Sehingga, diharapkan masyarakat memperkuat penggunaan Bahasa Bali yang juga telah diatur oleh Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.