Monthly Archives: July 2019

Benchmarks Mutu Pendidikan, Kadisdik beserta MKKS DKI Jakarta Kunjungi SMAN Bali Mandara

Jumat, (19/7), SMA Negeri Bali Mandara mendapat kunjungan penting dari berbagai pucuk pimpinan bidang pendidikan yang ada di Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Kunjungan yang hanya secara khusus menyasar SMA Negeri Bali Mandara ini dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang meliputi Kepala Dinas, Wakil Kepala Dinas, Kasikurpen Bidang SMP dan SMA, serta Kasi PDPK ( Peserta Didik dan Pendidikan Karakter ). Tidak hanya itu, sebanyak 74 Kepala SMAN di DKI Jakarta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) turut serta dalam rombongan ini. Rupanya sistem pendidikan di sekolah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku pendidikan di wilayah Ibukota. Mereka bertujuan untuk menggali informasi real secara mendalam dalam rangka “Benchmarks Mutu Pendidikan” di Wilayah DKI Jakarta.

Berangkat dari Denpasar, rombongan tiba siang pukul 10.50 Wita di sekolah setempat di Kubutambahan. Mereka disambut dengan hangat dan ramah oleh kepala SMAN Bali Mandara beserta seluruh warga sekolah. Para tamu langsung diarahkan ke Hall Bali Academy untuk mengikuti ceremonial penyambutan. Acara penyambutan diawali oleh tari penyambutan “Sembrama Mandara Bajra” yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, dan Sambutan Kepala SMAN Bali Mandara. Dalam sambutannya, Kepala SMAN Bali Mandara banyak menguraikan profil dan aktivitas pendidikan yang ada di sekolah berasrama ini.

Experiential Learning and Tracking Tumbuhkan Karakter Pemimpin yang Tangguh

Visi SMA Negeri Bali Mandara adalah “Menjadi Sekolah Terdepan dalam Menciptakan Pemimpin Masa Depan.” Hal ini yang menyebabkan pendidikan karakter sangat diperlukan dalam pendidikan sekolah.

Pada MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun 2019, SMA Negeri Bali Mandara menyelenggarakan Experiantal Learning and Tracking kepada peserta didik baru yang bertujuan mengembangkan karakter peserta didik baru agar mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan berbudaya. Kegiatan Experiantal Learning and Tracking berbentuk outbond yang berlangsung selama setengah hari ,yang kemudian dilanjutkan dengan ritual Bonfire dan The Calling.

The Calling SMA Negeri Bali Mandara

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara sakral “The Calling” yang terdiri atas Time Capsule dan Bonfire kembali digelar di SMA Negeri Bali Mandara, pada hari Rabu, 17 Juli 2019. Kegiatan yang juga menjadi puncak rangkaian MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) ini ditujukan untuk peserta didik baru angkatan ke-9 di sekolah ini.

Rangkaian kegiatan pada malam itu diawali dengan acara Time Capsule yang bertempat di lapangan basket sekolah. Duduk melingkar sesuai dengan grha-nya, peserta didik baru menuliskan cita-cita serta harapan masa depan mereka dalam sebuah kertas kecil dan dimasukkan pada botol kecil. Dipandu oleh kepala SMAN Bali Mandara, I Nyoman Darta, mereka diajak untuk merenung dan bercita-cita secara bebas tanpa takut ada belenggu penghalang dalam meraihnya. Botol cita-cita ini disimpan dalam The Calling Chest sebagai pelecut semangat mereka selama mengenyam pendidikan di sekolah ini. Acara ini sangat menyentuh hati, terlihat isak tangis haru para peserta didik baru terutama pada saat merenungkan kondisi keluarga serta berdoa mohon doa restu dari keluarganya.

MKKS SMA/MA Kabupaten Bantul Studi Banding ke Smanbara

Puluhan Kepala SMA/MA baik dari sekolah negeri maupun swasta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupeten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkunjung ke SMA Negeri Bali Mandara (Smanbara) untuk melakukan studi banding pada Senin 1 Juli 2019. Tujuan utama kunjungan mereka ini adalah untuk mengetahui strategi sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik di samping program-progam unggulan lain di sekolah berasrama ini.

Tiba pagi pukul 09.15 Wita, rombongan langsung disambut oleh Kepala SMA Negeri Bali Mandara, I Nyoman Darta beserta para wakasek, Kasubag TU, serta guru dan pegawai. Dalam rombongan itu, hadir pula Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul, Bapak Suherman, M.Pd, untuk menemani kegiatan studi banding para peserta. Acara penyambutan dilaksanakan di TRRC sekolah dengan acara utama adalah pengenalan profil sekolah dan sharing session. Acara sharing session ini menjadi wadah saling berbagi dan ajang menggali informasi penting bagi para peserta. Kegiatan ini pun sangat diminati dan diikuti dengan antusias oleh para peserta yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul hingga terbentur oleh keterbatasan waktu yang tersedia.