Jajaki Kerja Sama, Delegasi Kumamoto Jepang Kunjungi SMAN Bali Mandara

Sebanyak 9 orang delegasi dari Kumamoto, Jepang, datang langsung ke SMA Negeri Bali Mandara untuk melakukan pejakakan kerja sama, Jumat (15/9). Pengiriman delegasi yang terdiri atas Kumamoto-Indonesia Friendship Association (KIFA) dan Care ini merupakan tindak lanjut penandatangan MoU antara Pemerintah Provinsi Bali dan Kumamoto.

Ketua Umum KIFA, Yoshiomi Mori, mengatakan bahwa KIFA berdiri untuk melaksanakan persahabatan dengan Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah kerja sama dalam bidang pendidikan. Dipilihnya SMA Negeri Bali Mandara sebagai tempat penjajakan kerja sama karena dinilai memiliki sistem pendidikan yang bagus. Penilaian ini didasarkan atas informasi yang diperoleh dari Pemerintah Prefektur Kumamoto yang telah berkunjung sebelumnya serta kompetensi alumninya yang menimba ilmu di Jepang. Ia berharap anak-anak Bali yang potensial, nantinya datang ke Kumamoto untuk belajar maupun bekerja, demikian juga sebaliknya. “Saya berharap Kumamoto, khususnya kami dan SMAN Bali Mandara mampu menjalin persahabatan yang baik dan dua provinsi dari dua negera ini semakin berkembang,” ungkapnya di hadapan para siswa.Seusai bertemu dan bertatap muka dengan para siswa, delegasi Kumamoto juga menyempatkan diri menengok SMK Negeri Bali Mandara yang letaknya bersebelahan. Di akhir kunjungan, rombongan juga menyaksikan prosesi apel makan siang siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>