Entrepreneurship Course Sebagai Ajang Kreativitas Siswa SMA Negeri Bali Mandara

Sabtu, 10 Agustus 2019 SMA Negeri Bali Mandara mengadakan kegiatan Entrepreneurship Course dengan tema “Mengubah Sampah Menjadi Rupiah.” SMA Negeri Bali Mandara merupakan sekolah yang memiliki banyak program untuk dijadikan branding sekolah. Salah satunya melalui program Entrepreneurship Course. Dalam program ini, siswa diajak untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dalam dirinya terutama dalam bidang mengolah sampah plastik.

Pada kesempatan kali ini SMA Negeri Bali Mandara mengundang narasumber Made Agus Janar Danar dari Yayasan Sahabat Bumi Bali. Disampaikannnya bahwa yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 2016 dan mulai memproduksi lukisan dengan sampah plastik ini sejak Agustus 2018. Ide untuk membuat lukisan dengan sampah plastik muncul ketika Agus Janar Danar yang memiliki hobby dalam mendesign grafis melihat kemiripan warna-warni di design itu dengan warna sampah plastik yang banyak berceceran sehingga muncullah ide untuk membuat produk lukisan ini. Selain bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik, membuat produk ini juga bertujuan untuk meningkatkan harga nilai jual dari sampah plastik yang sudah tidak digunakan. Awalnya, hasil karyanya memang sedikit berantakan, tetapi lama-kelamaan keahliannya dalam membuat lukisan ini semakin meningkat.

Workshop dari Made Agus Janar Danar diadakan di Hall Bali Academy dengan mengikutsertakan seluruh siswa kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Para siswa tampak antusias dalam mengikuti workshop karena dalam kegiatan ini mereka bisa mengeluarkan kreativitas mereka dalam mengolah sampah plastik menjadi sebuah lukisan yang sangat indah. “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, awalnya saya kira melukis dengan sampah plastik itu mudah, tetapi ketika saya mencoba untuk membuat ternyata melukis dengan sampah plastik itu lumayan rumit, apalagi harus mencari warna yang cocok dengan design yang sudah disediakan dan itu menjadi sebuah tantangan yang menarik bagi saya dan teman-teman saya,” terang salah satu siswa SMA Negeri Bali Mandara. (ppi)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>