P2M Undiksha Sasar SMA Negeri Bali Mandara

Guru dan Pegawai SMA Negeri Bali Mandara mendapat kesempatan berharga untuk meningkatkan kompetensi diri dari pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Penerapan IPTEKS Undiksha pada Sabtu, 24 Agustus 2019 di Lab. Bahasa SMA Negeri Bali Mandara. Hadir dua orang narasumber yang merupakan dosen dari Universitas Pendidikan Ganesha, yaitu Dr. Gede Indrawan, S.T., M.T. dan Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D.

Pada kesempatan ini, Dr. Gede Indrawan, S.T., M.T., sebagai pembicara pertama, memberikan materi tentang “Pengolah Kata untuk Penulisan Aksara Bali dengan Font Bali Simbar.” Materi ini tentunya memberikan dampak positif karena saat ini juga sedang gencar-gencarnya digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Bali dalam usaha Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Selain materi tersebut, atas permintaan pihak sekolah, pemilik beberapa hak cipta ini juga berbagi materi spesial tambahan terkait pemprosesan hak cipta. Hal ini diberikan karena SMA Negeri Bali Mandara yang sudah memiliki satu hak cipta, mengalami kesulitan dalam proses pengajuan hak cipta lainnya. Pada kesempatan ini, sekolah dibantu dibuatkan akun pengajuan hak cipta serta langsung diperagakan pengajuan asli secara daring (online) untuk alat Smart Digital Psycrometer, alat pedeteksi cuaca lokal, karya siswa SMA Negeri Bali Mandara yang pernah mewakili Indonesia pada ajang Intel-ISEF di Amerika Serikat.

Sementara itu, pembicara kedua Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D. memberikan materi tentang “Penggunaan Aplikasi Pengolah Kata dalam Penyusunan Artikel Ilmiah dan Buku.” Materi ini diberikan karena seringnya menemukan kelemahan yang dilakukan seseorang dalam pengolahan kata untuk publikasi yang meliputi permasalahan format dan kerapian.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>