MKKS SMP DKI Jakarta Studi Banding Ke SMAN Bali Mandara

Ratusan Kepala Sekolah SMP se-DKI Jakarta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) melakukan studi banding ke SMAN Bali Mandara pada Sabtu, 21 September 2019. Kehadiran mereka ini melengkapi deretan kehadiran insan pendidikan di daerah Ibu Kota Jakarta ke sekolah ini setelah sebelumnya Kadisdik beserta MKKS SMA DKI Jakarta juga melakukan kunjungan yang sama pada 19 Juli 2019.

Tiba di sekolah yang berlokasi di Kubutambahan pukul 11.00 Wita, rombongan yang dipimpin oleh Kasi Peserta Didik PDPK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Drs. Sularno, M.M. ini disambut hangat oleh warga SMAN Bali Mandara. Dengan jumlah rombongan berkisar 200 orang, mereka langsung diarahkan menuju ke Hall Bali Academy. Tari penyambutan “Sembrama Mandara Bajra” menjadi suguhan pembuka bagi para tamu setelah menempuh perjalanan jauh menuju Kubutambahan. Kasubag TU SMAN Bali Mandara, Kadek Yuliartama, yang mewakili kepala sekolah yang berhalangan hadir karena ada tugas diklat, menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut baik kehadiran para tamu yang datang. Dalam sambutannnya, ia banyak memaparkan tentang profil sekolah terkait dengan aktivitas akademik dan nonakademik.
Sementara itu, Ketua MKKS SMP DKI Jakarta mengungkapkan keyakinannya bahwa tujuan kunjungan kali ini sangat tepat. “Baru datang pun kami sudah bergetar dengan sambutan tarian yang luar biasa, sehingga dari situ kami sudah bisa melihat memang tidak salah kami datang ke SMAN Bali Mandara,” ungkapnya. Dia menyampaikan bahwa kunjungan ini tujuannnya untuk menari ilmu tentang pegelolaan pendidikan yang luar biasa berdasarkan informasi yang didapat dari teman-temannya di MKKS SMA DKI Jakarta. Beberapa poin penting yang telah didapat dari kelebihan sekolah adalah pendidikan karakter dan akhlak, kompetensi, dan literasi. “Banyak ilmu yang akan nanti kami gali sehingga apa yang dilakukan oleh SMAN Bali Mandara yang bisa kami adopsi, yang bisa kami modifikasi, yang bisa kami kembangkan agar kami bisa bawa ke DKI Jakarta sehingga ke depannnya bersama-sama bisa kita meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, “ tutupnya.

Di akhir acara penyambutan, dilaksanakan diskusi terbuka untuk memberikan kesempatan kepada tamu yang hadir menggali sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan dari SMAN Bali Mandara, termasuk saling berbagi informasi secara timbal balik. Dipandu oleh Wakasek Humas, Weda Sanjaya, diskusi berlangsung dengan sangat antusias. Banyak yang memberikan apresiasi positif terhadap keberadaan dan pengelolaan sekolah. Pihak sekolah pun berharap agar ke depannnya selalu menjalin silaturahmi dan hubungan kekeluargaan dengan insan pendidik di DKI Jakarta yang notabene sudah maju dalam bidang pendidikan hingga bisa sama-sama berbuat dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>