Dukung Budaya Literasi, Kepala Perwakilan BI Bali Resmikan BI Corner

Jumat, 13 April 2018, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Imam Karana, bersama anggota komisi XI DPR RI, Tutik Kusuma Wardhani dan suaminya I Gede Dharma Wijaya, meresmikan pojok bacaan BI Corner yang lokasinya di perpustakaan sekolah setempat. Pada acara ceremonial yang dilangsungkan di hall sekolah, turut hadir jajaran staf Bank Indonesia Provinsi Bali, penerima beasiswa BI yang tergabung dalam GENBI, serta warga SMAN Bali Mandara

Koleksi Pustaka Widya Mandara semakin lengkap dengan adanya bantuan dari Bank Indonesia yang memberikan sebuah pojok baca yang di beri nama BI Corner. Pada tanggal 13 April 2018 Bank Indonesia mengunjungi SMAN Bali Mandara dan mengesahkan BI Corner tersebut dan juga memberikan edukasi kebanksentralan. Acara ini dihariri oleh pihak Bi yaitu Bapak Causa Iman Karana sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan anggota DPR –RI Komisi 11 yang membidangi tentang keuangan, perencanaan, pembangunan, dan perbankkan Ibu Tutik Kusuma Wardani .
Persemian ini menandai komitmen BI perwakilan Bali yang terus mendukung kebutuhan program sekolah khususnya dalam peningkatan literasi siswa. Dalam sambutannya, Causa Imam Karana, mengungkapkan bahwa BI corner ini merupakan bantuan pertama kali yang diberikan untuk tingkat SMA. Biasanya, BI corner ditempatkan pada jenjang Perguruan Tinggi. Menurutnya, penempatan BI corner ini merupakan program BI dalam membuat Indonesia semakin cerdas yang diraih dengan membaca sehingga nantinya terbentuk SDM yang berkualitas.

Acara peresmian BI corner SMAN Bali MAndara di awali dengan tari penyambutan yaitu tari Sembrama Mandara Bajra. Kemudian di lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara selanjutnya yaitu laporan dari kepala perpustakaan SMAN Bali Mandara yaitu I Gusti Agung Wisnu Wibowo. Dalam laporannya Bapak I Gusti Agung Wisnu Wibowo menyampaikan tentang kisah perpustakaan SMA Negeri Bali Mandara sejak awal hingga saat ini. Setelah penyampaian laporan, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMAN Bali Mandara, Drs I Nyoman Darta, M.Pd. Acara dilanjutkan dengan penampilan Gema Nada Mandara yaitu paduan suara SMAN Bali Mandara. Ketua Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana juga menyampaikan rasa senang dan bahagia dalam sambutannya. Dalam acara ini, Anggota komis XI, Tutik Kusuma Wardani juga menyampaikan rasa kebahagiaannya melalui sambutannya. Hingga tibalah pada acara puncak yaitu peresmian BI Corner oleh Bank Indonesia yang di tandai dengan pemotongan pita oleh Causa Iman Karana dan Tutik Kusuma Wardani.

Setelah persmian BI Corner, pihak Bank Indonesia Provinsi Bali juga memberikan pendidikan perbankan yang bertajuk “Edukasi Kebanksentralan” kepada peserta didik SMAN Bali Mandara. Informasi perbankkan tersebut disampaikan oleh Bapak Putu Juana Wiratmaja yang meliputi (1) Tugas dan Peran BI, (2) Gerakan Nasinoal Nontunai, (3) Instrumen Gerakan Nasional Nontunai, (4) Implementasi Gerakan Nasional Nontunai, dan (4) Elektronik Pembayaran Parkir (E-Parking) (cp).

6

7

8

9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>