SMA dan SMK Negeri Bali Mandara Wisuda 187 Peseta Didik

Rabu (23/5) SMA dan SMK Negeri Bali Mandara melaksanakan prosesi kelulusan (Graduation) untuk peserta didiknya yang telah menyelesaikan studi pada tahun ini, di Hall SMAN Bali Mandara. Graduation atau yang lebih dikenal dengan acara wisuda ini merupakan kali ke-5 untuk SMA Negeri Bali Mandara dan Wisuda pertama untuk angkatan pertama siswa SMK Negeri Bali Mandara. Hadir pada acara tersebut, Gubernur Bali, Para Pimpinan OPD di lingkup Provinsi Bali, beserta undangan penting lainnya.

Kepala SMK Negeri Bali Mandara, I Wayan Agustiana, M.Pd., dalam sambutannya melaporkan pada tahun ini, SMA Negeri Bali Mandara melepas 90 siswa dari program IPA sebanyak 56 siswa dan IPS sebanyak 34 siswa, sedangkan SMK Negeri Bali Mandara melepas 97 siswa dari jurusan TKJ sebanyak 36 siswa, TKR sebanyak 27 siswa, dan TGB sebanyak 34 Siswa. Dari keseluruhan para wisudawan, ada 2 orang diwisuda setelah menyelesaikan studi selama dua tahun, 3 orang setelah menyelesaikan studi selama 4 tahun karena selama 1 tahun mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika, dan sisanya setelah menyelesaikan studi selama 3 tahun. Selanjutnya, disampaikan bahwa wisudawan ini telah menorehkan prestasi yang luar biasa selama mengenyam pendidikan di kedua sekolah ini, baik tingkat kecamatan hingga tingkat internasional. Prestasi tersebut di antaranya mewakili Indonesia dalam ajang INTEL ISEF 2017 di Amerika Serikat, Penghargaan Medali Emas pada OPSI 2016, Juara 1 dan 3 lomba dari Kementrian Hukum dan HAM terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual, Juara 1 Youth Entrepreneurship Program dari Kemendikbud RI, serta prestasi-prestasi mentereng lainnya.

Sementara itu, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengungkapkan rasa bahagia dan bangga menyaksikan anak-anak menyelesaikan pendidikan dengan baik apalagi dengan sederet prestasi yang membanggakan. “Kebanggaan tidak boleh sampai di sini, selanjutnya setelah kalian dilepas kalian sesungguhnya memasuki dunia baru yang sangat berbeda dengan apa yang kalian dapatkan di sekolah ini. Kalian harus hidup mandiri, kalian harus hidup di tengah kekerasan kehidupan di luar sana,” ungkapnya. ia berharap dengan bekal disiplin dan semangat juang tidak kenal menyerah yang sudah ditanamkan di sekolah ini, dapat memberikan mereka bekal untuk mampu berjuang sesuai dengan janji mereka.

Dalam acara yang berlangsung kurang lebih selama 3 jam tersebut, juga diberikan penghargaan spesial kepada 10 wisudawan karena prestasinya dalam berbagai kategori. SMAN Bali Mandara memberikan penghargaan kepada I Made Widi Yudiatmika sebagai lulusan terbaik atau Valedictorian Award, Ni Putu Sukma Aryanti dan Kadek Endra Adi Sastrawan sebagai peraih nilai UN tertinggi atau Dux Award, I Putu Adhi Suryanata sebagai peraih Leadership Award, dan I Gede Dimas Martha Yogis sebagai peraih Entrepreneurship Award. Sementara itu, untuk di SMKN Bali Mandara, Valedictorin Award diraih oleh I Putu Agus Sanjaya, Dux Award diraih oleh Made Dian Putri Pranawati, Gede Deny Wilyarta, dan I Gede Sentana Putra, serta Leaderpreuner Award diraih oleh Ni Made Rusmiani.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>