Hari Kedua Bootcamp : Biasakan Diri Menghargai Waktu

DSC00698Jumat (25/5), ratusan siswa peserta bootcamp telah memenuhi lapangan basket SMA Negeri Bali Mandara sejak pukul 4.45 pagi untuk mengikuti olahraga pagi. Hari ini, tepat di hari kedua pelaksanaan bootcamp, peserta bootcamp, untuk pertama kalinya menjalani hari selayaknya siswa SMA Negeri Bali Mandara.

Hari ini, peserta bootcamp untuk pertama kalinya merasakan keseharian selayaknya siswa SMA Negeri Bali Mandara. Mulai dari bangun tidur pada pukul 4.45 pagi. Kegiatan di hari kedua diawali dengan olahraga pagi oleh peserta bootcamp. Dengan keadaan yang masih sangat pagi, mereka tampak kesusahan mengikuti kegiatan olahraga pagi, terutama saat push up dan sit up. Sebagian dari mereka secara bergiliran mengikuti tes kesehatan, yang berlangsung di aula SMA Negeri Bali Mandara. Tes kesehatan ini meliputi uji sampel darah dan urin yang dilaksanakan oleh pegawai klinik SMA Negeri Bali Mandara dan bantuan petugas dari Lab Kesehatan.

Kegiatan utama di hari kedua ini adalah interview atau wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Kedua kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan kesiapan siswa sebelum resmi diterima menjadi siswa SMA Negeri Bali Mandara. Interview yang berlangsung dari pukul 9 pagi hingga jam 1 siang ini dilaksanakan dengan mengundang beberapa narasumber ahli dari luar sekolah, seperti dosen dan anggota MGMP yang dikolaborasikan dengan guru serta staff dari SMA Negeri Bali Mandara untuk mewawancarai peserta bootcamp.

Peserta bootcamp yang terbagi dalam 16 panel akan diwawancarai satu persatu di ruangan yang telah ditentukan. Berbagai reaksi diperlihatkan oleh peserta bootcamp setelah sesi interview, mulai dari sedih, terharu maupun perasaan lega. Setelah sesi interview, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung dari pukul 2 hingga pukul 4 sore. Pada tahap ini, seluruh peserta akan melakukan diskusi bersama kelompoknya terkait isu-isu terkini yang diberikan oleh tim penilai. FGD dilakukan untuk mengetahui tingkat kematangan pola pikir siswa dalam memecahkan suatu permasalahan.

Di sore hingga malam hari, kegiatan diisi dengan pertunjukkan bakat oleh masing-masing peserta bootcamp. Pada ajang unjuk bakat kali ini, seluruh peserta telah menampilkan yang terbaik. Hal ini terlihat dari bakat-bakat spektakuler mereka, seperti menari, bermain musik, bernyanyi dan beberapa bakat olahraga, seperti panjat tebing, basket dan bola voli. Bakat para peserta bootcamp akan dinilai oleh guru dan staff SMA Negeri Bali Mandara yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Di akhir kegiatan, Mr. Agung Wisnu selaku koordinator bootcamp menekankan kepada seluruh peserta agar senantiasa mengikuti kegiatan dengan baik dan selalu menghargai waktu. “Di hari kedua ini kalian sudah merasakan keseharian siswa SMA Negeri Bali Mandara. Hargailah waktu kalian di sini untuk memetik sebanyak-banyaknya nilai positif saat kalian tinggal selama 3 hari di SMA Negeri Bali Mandara. Kalianlah yang beruntung yang bisa masuk ke tahap bootcamp ini”, tegas Mr. Agung Wisnu saat menutup kegiatan di hari kedua. (ico)

IMG_2520IMG_2976

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>