RSI GANA DAN UPANAYANA DERETAN UPACARA PEMBERSIHAN DAN PENGUKUHAN SECARA NISKALA

Pagi ini, Kamis (12/07/2018), SMA/SMK Negeri Bali Mandara atau yang dikenal sebagai Bali Academy melaksanakan Upacara Rsi Gana yang dilaksanakan di Parhyangan Padmasana sekolah tersebut. Upacara ini bertujuan untuk membersihkan areal sekolah dari aura negatif dan agar makhluk tak kasat mata (Bhuta Kala) berkenan hidup berdampingan dengan kita dalam keharmonisan. Ini merupakan pertama kalinya SMA/SMK Negeri Bali Mandara melaksanakan Upacara Rsi Gana di usianya yang ke-7 tahun. Upacara ini dilangsungkan dengan melaksanakan macaru, Tari Rejang Renteng, dan prosesi lainnya dengan mendatangkan Padanda dalam memimpin upacara keagamaan ini.

Selain Rsi Gana, di hari yang sama juga dilaksanakan Upacara Upanayana bagi peserta didik baru SMA/SMK Negeri Bali Mandara. Upanayana dilaksanakan sebagai prosesi yang menandakan peserta didik sekolah ini telah dikukuhkan secara Niskala (tak kasat mata) untuk menjalani kegiatan pembelajaran selama beberapa tahun sebelum dikukuhkan secara resmi pada kegiatan Inaugurasi yang dilangsungkan beberapa bulan ke depan.Di akhir prosesi upacara, warga dihibur oleh penampilan dari kelompok Bondres Dwi Mekar yang memaparkan makna pelaksanaan Yadnya dengan gaya humor Buleleng yang khas. Di samping warga sekolah yang hadir, terlihat beberapa alumni sekolah yang meramaikan dan ngayah dalam upacara kali ini.

Rsi Ghana_180713_0081

Pementasan Bondres Dwi Mekar pada Upacara Rsi Gana dan Upanayana

“Karena sekolah inilah yang telah memberikan segalanya pada saya. Ini juga sebagai rasa terima kasih, sebelum nantinya saya telah menjalani pendidikan di tingkat yang lebih tinggi,” ujar Restiana, alumni tahun 2018, saat ditanya alasannya masih mau membantu menyukseskan pelaksanaan upacara ini. Diharapkan, dengan adanya upacara ini, sekolah ini senantiasa dilimpahi aura positif dan taksu-nya tersendiri setiap harinya dan peserta didik baru dapat menjalankan kegiatan sekolah yang memertahankan prestasi dan prestise yang telah dicapai sebelumnya. “Selain karena apa yang saya capai sekarang semua berkat sekolah ini, sekalian agar dapat melakukan temu kangen dengan teman yang lain setelah beberapa waktu berpisah,” kata Dwi Kristiawan, salah seorang alumni ketika diwawancarai tim redaksi. (cak)

Rsi Ghana_180713_0125 Rsi Ghana_180713_0062 Rsi Ghana_180713_0136 Rsi Ghana_180713_0072 Rsi Ghana_180713_0063 Rsi Ghana_180713_0069 Rsi Ghana_180713_0067

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>