SMAN Bali Mandara Loloskan Finalis Terbanyak pada OPSI 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan 105 naskah penelitian terbaik se-Indonesia yang berhasil lolos menjadi Finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2018. Judul penelitian yang lolos tersebut dibagi menjadi 3 (tiga) kategori bidang dengan rincian, yaitu 46 project bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), 20 project bidang Fisika, Terapan dan Rekayasa (FTR), serta 39 project bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Dari jumlah tersebut, 12 judul penelitian berasal dari sekolah-sekolah di Bali. Serta yang membuat bangga dan juga penuh syukur adalah 10 judul Penelitian berasal dari SMA Negeri Bali Mandara. Hal ini juga sekaligus menjadikan SMAN Bali Mandara sebagai sekolah di Indonesia yang meloloskan naskah penelitian terbanyak pada OPSI tahun 2018.Hal ini menjadikan bukti bahwa program Riset based School yang diterapkan sekolah dalam bentuk “1 Man 1 Riset” telah membuahkan hasil. Program ini menjadikan siswa memiliki kepekaan terhadap persoalan di sekitarnya yang dituangkan dalam bentuk solusi ilmiah.

Dari 10 judul yang lolos, 5 judul Penelitian berasal dari kelompok siswa GEBRA (Gema Elektronika SMANBARA) dibawah bimbingan Kadek Yuli Artama, S.T,M.Pd dan 5 judul penelitian dari SYSC (Student Young Scientist Club) dibawah bimbingan I Wayan Madiya, S.Pd, M.Pd.

Adapun Finalis OPSI 2018 yang berhasil lolos dari SMA Negeri Bali Mandara adalah sebagai berikut.
1. I Putu Gede Bujana dan Putu Sulistiani dengan judul penelitian Smart Portable Vaccine Cooler (SPORTER)
2. Ni Komang Tri Anjani dan Ni Made Ely Ariani dengan judul penelitian TAG (Tisu Anti Galau)
3. Gede Yogi Pratama dan I Gede Feri Sandrawan dengan judul penelitian SATPAM : Smart Automatic Poison Vulcano Alarm
4. I Dewa Putu Semadi dan Putu Suarma Widiada dengan judul penelitian DETEKTIF (Detektor Kebuntingan Sapi Inovatif)
5. I Kadek Yogi Yanto dan I Putu Wiraguna dengan judul penelitian REDSOL (Rotten Eggs Detector Solarcell)
6. Ni Putu Mas Swandewi dengan judul penelitian “Pengembangan Media Apresiasi Tembang Macapat Bahasa Bali Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP”
7. Ni Putu Mayni Wulaningsih dengan judul penelitian Inovasi Media Pembelajaran Interaktif UKBM Kimia Berbasis ANDROID Pada Topik Senyawa Hidrokarbon
8. I Kadek Dwi Cahya dan Nengah Swardana dengan judul penelitian SIGMA (Smart Innovation of Garbage Monitoring Automatic)
9. Kadek Beni Wira Yudha dan Ni Wayan Suartini dengan judul penelitian INI KORIBALI: Inovasi Komik Inovatif Paribasa Bali untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SD terhadap Pelajaran Bahasa Bali
10. Luh Seri Budayanti dengan judul penelitian Pluralisme Masyarakat Islam dan Masyarakat Hindu Desa Pegayaman, Buleleng, Bali

Selanjutya, seluruh finalis dan pembimbing OPSI akan mengikuti rangkaian kegiatan OPSI yang akan dilaksanakan selama 5 hari, pada tanggal 15 s.d. 20 Oktober 2018 bertempat di Hotel MG Setos, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>