Lomba Cerpen dan News Reading Contest di Bulan Bahasa

Serangkaian kegiatan bulan bahasa dan program sekolah rujukan, SMA Negeri Bali Mandara melaksanakan lomba internal yang diikuti oleh perwakilan para siswa. Ada dua jenis lomba literasi yang dilaksanakan, yaitu lomba cerpen dan news reading contest. Kedua jenis lomba ini berakhir secara bersamaan dalam puncak acara pada Sabtu, 27 Oktober 2018.

Pada lomba cerpen diikuti oleh 46 peserta. Sebelum pelaksaanaan lomba, telah dilaksanakan workshop penulisan karya sastra (cerpen) kepada para peserta. Dalam Workshop ini dihadirkan dua narasumber untuk membantu menuntun penulisan dan pemilihan ide para peserta. Kedua narasumber tersebut, yaitu I Wayan Artika dan Aries Pidrawan. Dari hasil pelatihan ini, peserta menyusun cerpen untuk selanjutnya dilombakan. I Wayan Artika selaku juri pada lomba ini menetapkan 6 cerpen terbaik dengan rincian pemenang sebagai berikut.
Juara 1 Ni Putu Jayanti Putri Prastita (Pasung)
Juara 2 Gede Pio Aditya (Tumbal Keseribu Satu Dong Brembe)
Juara 3 Ni Made Ari Cahyani (Rumah Tua di Gang Sandat)
Harapan 1 Ni Luh Sriantini (Cinta Terakhir)
Harapan II Ni Wayan Ambarini (Mimpi dan Fakta Penuh Misteri)
Harapan III Anonim (Cinta dalam Diam)

Sementara itu, dalam pelaksanaan lomba news reading contest diikuti oleh 44 peserta. Mereka disaring lebih awal dalam babak penyisihan. Dari jumlah itu, 16 peserta berhasil melaju ke babak final untuk merebutkan enam peringkat posisi terbaik. Ada dua juri yang menilai penampilan siswa dalam lomba ini, yaitu juri internal Briana Elise Rodriguez dan juri eksternal I. G. A. Lokita Purnamika Utami. Adapun penampilan terbaik sekaligus sebagai juara dalam lomba ini berdasarkan keputusan dewan juri adalah sebagai berikut.
Juara 1 Ni Putu Windya Cahya Divany
Juara 2 Adelia Surya Nandita
Juara 3 Luh Mera Warniasih
Harapan 1 Ega Yuni
Harapan II Sri Diantari
Harapan III I Gusti Ayu Satriani Dewi

Pelaksanaan Lomba News Reading Contest

Pemberian Hadiah bagi Pemenang Lomba News Reading Contest
Foto Pemenang News Reading Contest
Pemenang Lomba Cerpen
Foto Bersama Peserta Lomba Cerpen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>