Siswa SMAN Bali Mandara Juara 1 ELCCO LKTI Tingkat Nasional 2019

Satu tim Ekstrakurikuler Elektro SMA Negeri Bali Mandara berhasil menyumbangkan piala pada gelaran ELCCO (Elektrical and Computer Competition) LKTI Tingkat Nasional 2019 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Elektronika Fakultas Teknik Universitas Udayana, pada Sabtu kemarin, (9/2). Tim yang terdiri atas dua siswa kelas XI, yaitu I Gede Kariasa (XI MIPA 2) dan I Ketut Juliadi (XI IPS 1) berhasil meraih juara 1 pada gelaran lomba bidang karya ilmiah yang dilaksanakan di Kampus Universitas Udayana, Sudirman tersebut.

Dari tema lomba yang diberikan panitia: “Creating Innovative Digital Technology To Build Indonesia’s Competitiveness In The Industry 4.0 Elcco,” mereka membawa karya yang disebut Smadav (Smart Monitoring Automatic Detector Gaebage Volume ‘Alat Pendeteksi Kapasitas pada Kontainer Sampah’). Smadav merupakan sebuah alat yang dapet mendeteksi kapasitas sampah pada kontainer sampah. Alat ini menggunakan microkontroler Arduino yang juga memiliki sensor jarak atau sensor ultrasonik yang dapat mengukur volume sampah. Alat ini juga dapat mengirimkan pesan kepada petugas DKP jikalau sampah pada kontainer sudah penuh.

Sementara itu, pembina mereka, I Kadek Yuliartama, mengungkapkan rasa syukur atas raihan prestasi anak didiknya. Ia berharap hasil ini melecut semangat siswa lainnya sehingga dapat mengirim lebih banyak tim pada tahun depan dan dapat mempertahankan raihan juara kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>