Mempelajari Budaya Asing Penting, Namun Mempertahankan Budaya Lokal Jauh Lebih Penting

Pada hari Sabtu (23/2), Aula Bali Academy sudah dipenuhi oleh para siswa dan guru yang telah siap mengikuti kegiatan Bulan bahasa Bali. Kegiatan ini dibuka secara resmi yang disimbolkan dengan menancapkan kayonan oleh bapak Gede Komang, selaku Kepala Dinas Kebudayaan. Pada Bulan bahasa Bali ini mengangkat tema “ Sutresna ring basa, sutindih ring wangsa” , hal ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan akan bahasa ibu yaitu bahasa Bali, serta menjaga bangsa dan negara Indonesia.

Dalam kegiatan Bulan bahasa Bali ini, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, diantaranya :
1)Kelas Dharma Gita dan Lontar dari siswa yang mengikuti extra Dharma Gita dan Nyurat Lontar,
2)Pameran Lontar dan Prasi oleh siswa yang mengikuti extra Nyurat Lontar,
3)Parade Simulasi HUT STT oleh kelas 12 angkatan ke-6 SMA Negeri Bali Mandara yang digunakan sebagai penilaian ujian praktek mata pelajaran basa Bali,
4)Parade Musikalisasi Puisi Bali oleh kelas 11 angkatan ke-7 SMA Negeri Bali Mandara,
5)Permainan Tradisional Bali yaitu permainan “slodor”,
6)Lomba Baligrafi pergrha,
7)Lomba Komik Strip Bali pergrha,
8)Lomba Ngwacen Aksara Bali perkelas,
9)Lomba Ngripta Puisi Bali Anyar pergrha,
10)Lomba Cerdas Cermat Basa Bali pergrha
Kegiatan ini berlangsung di Aula Bali Academy, yang diikuti oleh seluruh warga SMA Negeri Bali Mandara, siswa SMK Negeri Bali Mandara, OSIS SMANSIKA, dan siswa SMA Taruna Mandara. Siswa SMA Negeri Bali Mandara yang menyelenggarakan acara ini turut senang berkat diadakannya Bulan bahasa Bali di SMA Negeri Bali Mandara. Selain mendapat pengetahuan baru, siswa juga dapat belajar bagaimana cara membagi waktu dan pemanfaatkan semua peluang di sela-sela padatnya kegiatan di SMA Negeri Bali Mandara. “Saya merasa senang diberi kesempatan bisa mengikuti acara Bulan bahasa Bali di SMA Negeri Bali Mandara ini, harapan saya semoga di tahun depan lebih meriah dan lebih banyak pesertanya.”, ujar seorang siswa dari perwakilan OSIS SMANSIKA.

Kegiatan ini disambut sangat baik oleh seluruh peserta. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 6 jam, yang berlangsung dari pukul 09.20 WITA sampai 15.00 WITA. Walaupun kegiatan berlangsung cukup lama, namun semangat para peserta tetap menyala sampai akhir acara. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak, baik dari guru sebagai pengajar dan pendidik serta siswa sebagai pelajar dan penerus bangsa. Kegiatan kemudian ditutup dengan pengumuman juara dari masing-masing lomba.(ryn)

Bulan Basa Bali_190223_0488

Bulan Basa Bali_190223_0478

Bulan Basa Bali_190223_0472

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>