Kabar mambanggakan datang dari salah satu alumni SMA Negeri Bali Mandara yang bergerak di bidang perfilman, yaitu I Made Suniartika. Film dengan judul, “Different Touch In Batik” yang disutradarai mantan Ketua Space SMA Negeri Bali Mandara tersebut masuk sebagai nominasi Piala Citra 2021 kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik. Pada ajang tertinggi insan perfilman di Indonesia itu, karya Suniartika nantinya akan bersaing dengan empat film lain yang juga masuk nominasi untuk meraih penghargaan Piala Citra 2021 saat puncak acara November mendatang.

Alumni SMA Negeri Bali Mandara memang telah banyak bergerak di bidang perfilman dan fotografi. Pengembangan minat dan bakat mereka ini di SMA Negeri Bali Mandara diwadahi pada organisasi Space (Smanbara Photo and Cinematography). Sebelum Suniartika, beberapa alumni SMA Negeri Bali Mandara lainnya telah lebih dulu bergerak pada bidang perfilman dan fotografi dengan berbagai prestasi yang telah diraih. Para alumni tersebut antara lain Herry Setiadi (Jurusan Produksi Film dan Televisi, Akademi Film Yogyakarta), Gede Darmika Panji Putra (Jurusan Film dan Televisi, Universitas Padjajaran), Gusti Putu Richie Efendi Pranata (Jurusan Photografi, ISI Denpasar), dan I Putu Wiraguna (Jurusan Film dan Televisi, ISI Denpasar).

Mengikuti jejak kakak alumninya, siswa SMA Negeri Bali Mandara juga terus berkarya untuk menghasilkan film-film kreatif yang beberapa di antaranya telah mampu unjuk gigi pada ajang lomba. Misalnya, belakangan ini lahir dua film karya siswa SMA Negeri Bali Mandara dengan judul “Akara” yang meraih juara 3 pada Nurtanio Short Movie Festival dan film berjudul “Suksma” yang masuk 10 besar Forty Eight Short Movie Competition tingkat nasional.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *