MUSLAN 2016_3116

Musyawarah Ambalan yang kerap disebut Muslan kembali dilaksanakan oleh anggota Pramuka Ambalan Raden Wijaya Parameswari, SMA Negeri Bali Mandara. Muslan yang terselenggara pada Selasa, 13 Desember 2016 ini membahas dua hal yaitu, laporan pertanggungjawaban Dewan Ambalan tahun 2015/2016 dan pemilihan Dewan Ambalan tahun 2016/2017.

Kegiatan yang dibuka oleh Kamabigus, I Nyoman Darta ini diawali dengan presentasi laporan pertanggungjawaban Dewan Ambalan 2015/2016. Hal yang dilaporkan pada kesempatan ini adalah hasil dari program kerja pradana dan laporan keuangan pada tahun 2015/2016. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemilihan Dewan Ambalan periode 2016/2017.

Calon Dewan Ambalan yang melakukan orasi pada hari ini terdiri dari 8 orang, 4 orang dari satuan putra dan 4 lainnya dari satuan putri. Setelah menjalani berbagai macam tes sebelumnya, seperti tes mengenai pradana, kerani, pengolahan dana, dan juga wawancara akhirnya para calon Dewan Ambalan 2016/2017 diwajibkan untuk melaksanakan kampanye. Kampanye dilakukan melalui orasi visi dan misi dari masing-masing calon serta sesi tanya jawab antara anggota pramuka yang lain dengan calon Dewan Ambalan.

Muslan kali ini, berjalan cukup lancar walau harus menempuh waktu yang sangat lama. Semua calon melakukan orasi dengan baik dan memaparkan visi dan misi yang berkualitas. Inilah salah satu sebab dari lamanya muslan ini dilaksanakan, karena seluruh anggota pramuka harus benar-benar memilih pradana yang memang pantas untuk menjadi pemimpin satu tahu ke depan, seperti yang dikatakan oleh Nyoman Darta pada sambutannya ”Pilihlah pemimpinmu dengan sebaik-baiknya dan seobjektif mungkin, karena ialah yang akan memimpin kalian untuk kedepannya.” ujar Nyoman Darta pada sambutannya.

Akhirnya Muslan 2016 ini mencapai mufakat, setelah sekian lama berembug untuk menentukan pilihan. Hasilnya sebagai berikut, untuk satuan putri Putu Isma Eka Suantari sebagai pradana, I Gusti Agung Ayu Sri Wahyuni sebagai pemangku adat, Ni Made Artini sebagai kerani, dan Ni Nengah Novi Wdiami Putri sebagai bankir. Sedangkan untuk satuan putra I Nyoman Binarsa sebagai Pradana, I Wayan Wahyu Artha Negara sebagai Pemangku Adat, Kadek Endra Adi Sastrawan sebagi kerani, dan Putu Diva Rahayana Pratama sebagai bankir.

Ucapan selamat diberikan oleh Dewan Ambalan domisioner tahun 2015/2017 untuk Dewan Ambalan baru periode 2016/2017. ”Selamat pada Dewan Ambalan yang baru, selamat bekerja dan untuk anggota pramuka yang lain mohon didukung pemimpinnya yang sekarang. Agar nanti Pramuka Ambalan Raden Wijaya Parameswari bisa menjadi lebih baik,” ujar Aprilia Dewi sebagai pradana putri domisioner 2015/2016.(dia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *