SSC III

Setelah kurang lebih dipersiapkan selama 1 bulan, SSC (Smanbara Scout Competition) III akhirnya bisa terlaksana pada Sabtu(5/11) kemarin.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh anggota Pramuka Ambalan Raden Wijaya-Parameswari , SMA Negeri Bali Mandara ini berjalan dengan sukses hampir selama 1 hari penuh.

Kegiatan perlombaan ini, diawali dengan acara pembukaan di lapangan upacara SMA Negeri Bali Mandara. Dengan diterbangkannya balon warna-warni yang membawa selembar kain bertuliskan ‘SSC III 2016 Raden Wijaya-Parameswari’ menandakan bahwa acara perlombaan pramuka tingkat penggalang ini resmi dibuka. Selanjutnya, kegiatan langsung dilanjutkan dengan pelaksanaan masing-masing lomba yang dikoordinatori oleh masing-masing sie lomba.

Pada SSC III ini, memang terdapat sedikit perbedaan dengan SSC II tahun lalu. Lomba yang diadakan tahun ini adalah LSP(Lomba Senam Pramuka), LCT(Lomba Cerdas Tangkas), Lomba Pioneering, dan LKKBB(Lomba Kreasi Ketangkasan Baris-berbaris) yang menggantikan Lomba STAS (Scout Tracking Adventuring Skill). Menurut keterangan Lomba STAS ini digantikan dengan LKKBB untuk meminimalisasi waktu yang diperlukan untuk melaksanakan lomba, karena Lomba STAS ini cukup menguras banyak waktu dan membutuhkan pengawasan yang lebih intensif.

Setelah berjuang dengan menunjukkan keahlian dari masing-masing tim pada setiap perlombaan, akhirnya tibalah saat pengumuman juara pada sekitar pukul 15.30. Sebelum pengumuman juara, I Nyoman Darta, Kepala SMA Negeri Bali Mandara selaku Kamabigus memberikan sedikit sambutan. “Untuk yang menjadi juara nanti, saya ucapkan selamat. Dan Bagi yang belum menjadi juara, janganlah berkecil hati karena sesungguhnya kalian sudah menunjukkan yang terbaik,” ujar Nyoman Darta dalam sambutannya.

Pada SSC III kali ini, pemenang lomba SSC didominasi oleh MTS Negeri Patas. Dengan rincian juara seperti berikut, untuk juara 1 LSP diraih oleh SMPN 4 Singaraja, juara 2 MTSN Patas dan juara 3 SMPN 2 Seririt. Juara 1 Lomba Pioneering SMPN 1 Tejakula, juara 2 SMPN 1 Banjar, juara 3 MTSN Patas. Juara 1 LCT MTSN Patas, juara 2 SMPN 1 Seririt, juara 3 SMPN 4 Singaraja. Juara 1 LKKBB SMPN 1 Sukasada, juara 2 MTSN Patas, dan juara 3 SMPN 4 Singaraja.

Dengan keberhasilan dari anggota Gerakan Pramuka Raden Wijaya-Parameswasri dalam menyelenggarakan SSC III 2016 ini, membuat I Nyoman Darta memberi harapan dan kepercayaan baru untuk penyelenggara SSC tahun depan. Di mana dalam SSC sebelumnya hanya melibatkan penggalang se-Kabupaten Buleleng saja, namun tahun depan diharapkan kegiatan SSC ini dapat mengundang penggalang dari seluruh pelosok Bali. Karena kegiatan ini memang patut tetap dilaksanakan dan terus dikembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *