Sri Sultan Hamengkubuwono IX merupakan salah satu tokoh penting dalam Gerakan Pramuka. Beliau adalah sosok yang mendirikan dan mengembangkan Gerakan Pramuka di Indonesia yang saat itu masih dikenal dengan istilah Kepanduan. Atas jasa beliau, maka hari kelahirannya pada 12 April diperingati sebagai Hari Bapak Pramuka Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Bapak Pramuka Indonesia Tahun 2019, SMA/SMK Negeri Bali Mandara yang melaksanakan Gerakan Aksi Peduli Lingkungan dan Peduli Sesama yang mengambil tema “Sehari Pramuka Berbakti.” Kegiatan ini diawali dengan Upacara Pembukaan yang diadakan di Lapangan Basket SMK Negeri Bali Mandara, yang dihadiri oleh Camat Kubutambahan, yaitu bapak Drs. Made Suyasa, M.Si sekaligus menjadi pembina dalam upacara tersebut. Walaupun sinar matahari pagi mulai terasa panas, tidak menurunkan semangat para pramuka untuk mengikuti kegiatan ini.

Setelah melalui kegiatan upacara pembukaan, para peserta yang terdiri dari pramuka penegak SMA/SMK Negeri Bali Mandara, SMA/SMK Negeri 1 Kubutambahan serta adik-adik dari SD N 8 Kubutambahan dan SMP N 1 Kubutambahan menerima arahan dari panitia untuk mengikuti kegiatan Bakti Sosial. Kegiatan bakti sosial ini meliputi kegiatan pembersihan dilaksanakan di tiga tempat yaitu, jalan di sekitar Dusun Tukad Ampel, Pura Penegil Dharma, dan di Pantai Penyusuhan. Selain itu, kegiatan Bakti Sosial ini juga mendatangi rumah-rumah warga untuk memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang dianggap memerlukan bantuan. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 11.00 pagi. Pada pukul 12.00 para peserta sudah diperbolehkan untuk beristirahat dan melanjutkan kegiatan masing-masing.(ars)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *