Kegiatan tirta yatra yang diselenggarakan oleh SMA Negeri Bali Mandara telah terlaksana lancar pada Kamis (29/11) kemarin. Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini mengikutsertakan guru, pegawai, OSIS, MPK, dan seluruh kelas 12 SMA Negeri Bali Mandara. Kali ini rombongan SMA Negeri Bali Mandara memilih Pura Campuhan Windhu Segara dan Pura Sakenan sebagai tempat suci yang dituju. Adapun tujuan utama dari kegiatan tirta yatra ini adalah untuk memohon berkah agar diberikan kelancaran dalam menuntaskan proses belajar, khususnya dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) bagi kelas 12.

Berangkat dari sekolah di Kubutambahan pukul 06.00 Wita, rombongan sudah disambut hujan di sepanjang perjalanan di wilayah Bali Selatan. Sekitar pukul 09.00 wita, rombongan sampai di lokasi pertama di Pura Campuhan Windhu Segara. Di sini, peserta tirta yatra mengawali dengan “melukat” setidaknya sampai sepuluh kali. Penglukatan diawali dengan sarana tirtha oleh pemangku, lalu dengan air kelapa muda (bungkak), air “campuhan,” dan diakhiri dengan beberapa kali air suci yang ada di Pura Beji. Rangkaian kegiatan di pura ini diakhiri dengan melakukan persembahyangan di beberapa pelinggih/bangunan suci di pura tersebut. Selanjutnya, rombongan menuju lokasi kedua ke Pura Sakenan di wilayah Desa Serangan, Denpasar Selatan. Pura Sakenan merupakan tempat pemujaan Ida Hyang Dewa Biswarna atau Baruna. Pura ini akan dipadati hingga penuh sesak pemedek dari seluruh wilayah Bali tiap upacara pujawali setiap enam bulan sekali pada Sabtu Kliwon, Wuku Kuningan yang disebut juga Tumpek Kuningan.

Di pura yang sering juga disebut Pura Dalem Sakenan ini, rombongan melakukan persembahyangan pada satu lokasi saja. Usai sembahyang, rombongan melakukan pembersihan di areal pura dan “mapunia” tong sampah untuk dapat dimanfaatkan dalam menunjang dan menjaga kebersihan pura. Hal ini juga dilakukan pada lokasi pertama tirtha yatra di Pura Campuhan Windhu Segara. Usai persembahyangan di lokasi kedua ini, rombongan kembali ke sekolah dan sampai di sekolah tepat pukul 18.00 Wita dengan selamat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *