Memang benar ternyata apa yang dikatakan oleh Bapak Nyoman Darta selaku kepala SMAN Bali Mandara bahwa banyak yang memperhatikan dan peduli terhadap SMAN Bali Mandara. Hal itu terbukti dengan kunjungan Bank Indonesia cabang Bali Sabtu(26/9) kemarin. Hari Sabtu yang sudah diawali dengan kegiatan general cleaning dan tanpa Sabtu sehat tidak menyurutkan semangat siswa Bali Academy kala itu.

Sosialisasi yang akan dilaksanakan hari ini tentang kebanksentralan makin menarik rasa penasaran siswa. Sosialisasi yang dibawakan langsung oleh empat narasumber dari pihak BI sendiri menjadi sosialisasi yang ditunggu, di samping kurangnya pengetahuan umum tentang bank sentral itu sendiri juga didukung dengan hadiah-hadiah menarik.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada pukul sepuluh pagi ini makin menambah wawasan siswa mengenai kebanksentralan itu sendiri, apa itu bank sentral dan apa fungsinya dalam dunia perbankan di Indonesia. Selain itu, wawasan siswa ditambah lagi dengan edukasi mengenai uang, baik itu membedakan uang asli dan palsu dan proses pembuatan uang. Hal tersebut makin terkesan menarik ditambah dengan media sosialisasi yang mendukung berupa alat sinar ultraviolet untuk membedakan uang dan pembagian doorprize bagi siswa yang aktif membuat sosialisasi kala itu makin terasa hidup.

“Senang dengan sosialisasi ini. Karena dapat tambahan ilmu dan jadi tahu cara membedakan uang asli dan palsu. Ilmu mengenai kebanksentralan juga makin top! Dan didukung juga dengan snack dan doorprize yang menarik.” ujar Novi Widiariani saat ditanya mengenai sosialisasi tersebut. Ibu Dewi Setyowati selaku pimpinan dari Bank Indonesia di Bali juga turut menghadiri acara tersebut dan memberikan motivasi-motivasi kepada seluruh siswa. “Saya bangga bisa berdiri di tempat ini dan berbagi dengan kalian semua. Sekolah ini luar biasa dan memiliki program-program yang bagus.” ujar beliau. Di akhir acara beliau juga menunjuk siswa secara acak untuk maju ke depan dan menceritakan latar belakang kehidupan keluarganya.

Pada acara ini juga dilakukan serah terima bantuan berupa alat-alatelektronik media pembelajaran seperti komputer kepada pihak SMA dan SMK yang merupakan tindak lanjut penyerahan bantuan pada inaugurasi 19 Agustus lalu. Ibu Dewi juga berpesan agar siswa Bali Academy bisa makin maju dan terus memiliki motivasi tinggi walau berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu. “Semoga kalian tetap semangat, maju dan BI akan terus memberikan motivasi serta berusaha untuk membangun bangsa ini.” tambah beliau. (Res&Dia)

[Best_Wordpress_Gallery id=”6″ gal_title=”EdukasiKebanksentralan”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *