Kamis (23/6), aula bawah SMA Negeri Bali Mandara nampak berbeda dari biasanya. Sebuah alat besar dengan benda-benda asing di sekitarnya dan tumpukan baju serta siswa yang berlalu lalang memenuhi tempat itu. Apa yang terjadi?

Dewasa ini dunia wirausaha memang banyak dilirik masyarakat, tak terkecuali kalangan pelajar. Seperti halnya siswa SMAN Bali Mandara yang mengembangkan usaha sablon.  Demi memaksimalkan usaha ini kelompok entrepreneur SMAN Bali Mandara mengikuti pelatihan sablon. Pelatihan ini mengundang  salah seorang pengusaha sablon di daerah Singaraja, yaitu Nyoman Teja Sukmana S.Sn sebagai narasumber. Teja sendiri sudah cukup  lama bergelut di bidang sablon, hingga sekarang Teja sudah memiliki brand sablon tersendiri dengan nama “Jaran Sablon”.

Pelatihan berlangsung dari pukul 10.00 hinga 15.30 WITA di aula bawah SMAN Bali Mandara. Seluruh siswa nampak antusias mengikuti tahap demi  tahap penyablonan yang dibimbing langsung oleh Teja Sukmana. Bahan dan alat sablon yang  telah disediakan dari pihak sekolah  memudahkan proses pelatihan,  walaupun para peserta masih mengalami kesulitan dalam hal teknik. “Ternyata sablon itu cukup susah, agak ribet, tapi acara semacam ini sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha kita”, ungkap Riastiani Dewi, salah satu peserta pelatihan .

Melihat prospek yang menjanjikan di bidang sablon, Teja Sukmana yang telah menekuni bidang ini sejak 2013 menyatakan bahwa tidak salah jika siswa khususnya kelompok entrepreneur SMAN Bali Mandara mengembangkan usahanya di bidang ini. “Setahu saya, peminat dibidang dunia percetakan  tidak pernah sepi , walau memang untuk memulai berbisnis di bidang ini memerlukan modal yang tidak sedikit”, ujar Teja siang itu.

Koordinator kegiatan ini, Java Sumantra mengungkapkan bahwa melalui pelatihan ini diharapkan  dapat menumbuhkan jiwa wirausaha khususnya di kalangan  siswa SMAN Bali Mandara. “Melihat manfaat dari kegiatan ini , saya rasa hal semacam ini perlu rutin dilaksanakan”, kata Java saat menutup kegiatan pelatihan ini.(rin/pay)[Best_Wordpress_Gallery id=”16″ gal_title=”Entrepreneur Smanbara-2″]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *