Visi SMA Negeri Bali Mandara adalah “Menjadi Sekolah Terdepan dalam Menciptakan Pemimpin Masa Depan.” Hal ini yang menyebabkan pendidikan karakter sangat diperlukan dalam pendidikan sekolah.

Pada MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun 2019, SMA Negeri Bali Mandara menyelenggarakan Experiantal Learning and Tracking kepada peserta didik baru yang bertujuan mengembangkan karakter peserta didik baru agar mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan berbudaya. Kegiatan Experiantal Learning and Tracking berbentuk outbond yang berlangsung selama setengah hari ,yang kemudian dilanjutkan dengan ritual Bonfire dan The Calling. Kegiatan outbound dimulai pada pukul 06.00 WITA yang terdiri dari 4 pos, yaitu pos keberangkatan, pos logika, pos game, pos pengetahuan sekolah, dan pos motivasi. Seluruh peserta didik baru yang telah dibagi ke dalam masing-masing grha segera berangkat menuju pos logika setelah melakukan atraksi yel-yel dan LKBB pada pos keberangkatan. Pos Logika merupakan pos 1, dengan tujuan melatih peserta didik baru untuk berpikir kritis dan logis serta memiliki pandangan yang luas. Kegiatan dilanjutkan dengan menuju ke pos-pos berikutnya dengan mengikuti rute outbound yang telah disiapkan oleh panitia PPDB SMA Negeri Bali Mandara. Pos 2 merupakan pos Game. Di pos ini, seluruh siswa baru diajarkan menjaga kekompakan dan kebersamaan agar memiliki rasa memiliki dan bertanggung jawab. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju pos 3, yaitu pos Pengetahuan Sekolah. Pada pos ini bertujuan meningkatkan kepedulian peserta didik baru terhadap sekolahnya sebagai taman pengembangan karakter yang berbudaya.

Pos selanjutnya adalah pos 4, yaitu pos Motivasi. Pada pos ini, siswa diberikan motivasi agar terus belajar dan mengejar cita-cita walaupun memiliki keterbatasan dalam bidang ekonomi. Demi menjaga keselamatan dan kesiapan diri, peserta didik dibekali satu botol air minum setiap oranya yang dapat diisi ulang pada setiap pos. Dan setiap titik sudah dijaga oleh panitia dari guru maupun PMR Wira Bhakti Mandara untuk menanyakan kesehatan dan kesiapan mengikuti outbond.

Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan nilai kebersamaan, kedisiplinan, tanggung jawab, tata krama dan ketahanmalangan siswa dalam menempuh pendidikan di SMA Negeri Bali Mandara.

“Kegiatan outbond dilakukan di sekitar areal SMA Negeri Bali Mandara ini memiliki tujuan supaya sebagai peserta didik baru yang berasrama mengetahui wilayah-wilayah dari sekolah, mengenal lebih jauh lagi sekolah yang diselipi dengan kegiatan dengan tujuan yang sudah jelas ” ungkap bapak Weda Sanjaya, Wakasek Humas SMA Negeri Bali Mandara.

Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 11.00 WITA. Setelah sampai disekolah peserta didik baru dipersilahkan istirahat sebentar sambil menunggu apel makan siang pada pukul 12.15 nanti. (ryn)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *