Kelompok siswa Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri Bali Mandara, SYSC, binaan salah satu guru Kimia, I wayan Madiya, M.Pd., berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang lomba karya tulis UKM KIM PILAR VI Universitas Mahasaraswati Denpasar, 24-25 Januari 2019. Torehan manis di awal tahun ini diperoleh berkat dua posisi teratas dalam ajang lomba ini berhasil diduduki oleh dua tim KIR SYSC.

Tim pertama yang meraih juara 1 terdiri atas Ni Putu Mayni Wulaningsih, Ni Putu Widia Purnami, dan Ni Kadek Ayu Paramita Jayanti. Mereka mengusung karya ilmiah yang berjudul “Aplikasi Komik Digital Sejarah ‘Lorytoon’ sebagai Media Peningatan Wawasan Generasi Milenial terhadap Sejarah Lokal.” Selanjutnya, tim kedua yang meraih juara dua terdiri atas Ni Putu Mas Swandewi, Ni Made Adelia Felita Anggreni, dan Kadek Yudi Prianta. Mereka membawakan karya ilmiah yang berjudul “Menumbuhkan Kecintaan Generasi Milenial pada Budaya Bali melalui Aplikasi Tembang Macepat Bali Berbasis Android.”

Sementara itu, pembin KIR SYSC, I Wayan Madiya, M.Pd. mengungkapkan bahwa hasil ini tak lepas karena instruksi, strategi, dan arahan pembina yang dipersiapkan sebelum presentasi, telah dilaksanakan dengan baik oleh siswa sehingga memudahkan mereka presentasi dan menjawab pertanyaan dari juri dengan sangat baik. Selain itu, kajian yang dibawakan oleh anak2 di bawah bimbingan pembina sangat diapresiasi juri karena mengangkat kajian milenial yang sesuai dengan revolusi pendidikan 4.0.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *