Kurikulum

Kurikulum 

Visi SMA Negeri Bali Mandara adalah “To become the leading school in creating future leaders”. Berdasarkan visi ini maka untuk mewujudkan seorang pemimpin masa depan, maka peserta didik diberikan pelayanan kurikulum, pelayanan pembelajaran dan program yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu maka perlu dilaksanakan pengembangan kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai standar dan mutunya terjamin. Selain itu melalui data rapor mutu dan juga hasil evaluasi program di tahun sebelumnya dijadikan patokan dalam mengembangkan program-program sekolah yang menyasar pada pencapaian visi, yaitu menciptakan pemimpin masa depan.

SMA Negeri Bali Mandara memiliki visi dengan singkatan BALI. Pengembangan kurikulum dilakukan merujuk pada visi B (To build character, moral values, academic, and life skills) dan A (To raise awareness about local and global issues), proses pembelajaran dilaksanakan dengan merujuk visi B (To build character, moral values, academic, and life skills), A (To raise awareness about local and global issues) dan L (To nurture leadership values) sedangkan untuk program-program sekolah untuk penjaminan mutu disusun merujuk pada keseluruhan visi BALI.

Begitu pentingnya pengembangan kurikulum, proses pembelajaran dan penjaminan mutu program-program sekolah maka koordinator bidang PBM, Pengembang Kurikulum dan Perencanaan Berbasis Data memiliki peran yang krusial. Adapun peran koordinator bidang PBM, Pengembang Kurikulum dan Perencanaan Berbasis Data dalam mewujudkan visi dan misi sekolah adalah sebagai berikut.

  1. Berkoordinasi dengan waka bidang kurikulum dan ketua tim kerja dalam melaksanakan program yang telah direncanakan.
  2. Berkoordinasi dengan anggota dalam melaksanakan program yang telah direncanakan.
  3. Memonitoring pelaksanaan program yang telah dilaksanakan.
  4. Mengevaluasi dan melaporkan program yang telah dilaksanakan kepada waka bidang kurikulum dan ketua tim kerja.