Tim SMA Negeri Bali Mandara yang terdiri atas I Gusti Ayu Dwi Payani dan Komang Monica Ary Octaviana sukses meraih emas pada kompetisi kewirausahaan FISKI (Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia). Pada ajang bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud Ristek ini, mereka membawakan inovasi produk tas dan dompet yang dinamai “N&L : Ngulat Lontar.”

“N&L : Ngulat Lontar merupakan produk tas dan dompet hasil modernisasi anyaman lontar yang dikolaborasikan dengan kain endek tradisonal Bali serta kulit tas premium tanpa menghilangkan unsur tradisionalnya,” ungkap Monica. Disampikan pula latar belakang dibuatnya inovasi ini adalah Bali memiliki sumber daya daun lontar yang melimpah, namun pemanfaatan khususnya pada kerajinan daun lontar masih kurang mengalami pembaharuan sehingga kurang diminati oleh masyarakat. Dengan alasan tersebut, mereka berinovasi memodernisasikan produk tas dan dompet sesuai dengan trend saat ini tanpa menghilangkan unsur estetika tradisional  Balinya.

Selanjutnya, pembina mereka, I Kadek Yuli Artama, menyampaikan bahwa hasil raihan ini tidak lepas dari bantuan dan kerja sama berbagai pihak utamanya Pimpinan Sekolah dan Dewan Riset sekolah, Para Alumni yang tergabung sebagai mentor serta dukungan guru dan pegawai yang dengan begitu tulus melayani para peserta finalis. “Keberhasilan yang mereka raih merupakan suksesi atas proses usaha yg telah mereka lalui. Ayu Dwi dan Monica telah mampu mengimplementasikan secara nyata peluang entrepreneurship yang ada di masyarakat. Dalam hal ini pemanfaatan lontar yang didesain dengan sentuhan artistik berkombinasi endek adalah suatu ide yang brilian yang serta merta meningkatkan economic value dalam gagasan tersebut,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *