SMA Negeri Bali Mandara yang telah rutin ikut serta dalam ajang penghargaan Tri Hita Karana (THK) Award sejak tahun 2015, pada tahun ini dianugrahi emerald II. Penganugrahan ditererima langsung oleh Kepala SMAN Bali Mandara, I Nyoman Darta, dari Yayasan Tri Hita Karana pada malam penganugrahan di Taman Budaya Denpasar, 30 November 2018.

Tri Hita Karana adalah sebuah konsep dalam Hindu yang mengatur pola keseimbangan hidup antara manusia dengan pencipta, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan. Diselenggarakannya Tri Hita Karana Award sebagai salah satu wahana memotivasi seluruh komponen masyarakat Bali, khususnya di SMAN Bali Mandara dalam mengimplementasikan Tri Hita Karana, sekaligus mewujudkan tatanan kehidupan kemasyarakatan yang harmonis.Sebelumnya, tahun 2015, SMAN Bali Mandara mengawali keikutsertaan dengan langsung meraih gold. Selanjutnya pada tahun 2016 meraih Emerald, pada tahun 2017 meraih emerald I, dan tahun ini Emerald II. Tiga kali berturut-turut meraih emerald memberikan peluang bagi SMAN Bali Mandara untuk meraih platinum jika mengikuti ajang ini pada tahun berikutnya.

Sebelumnya, Tim Asesor THK telah melakukan visitasi dan penilaian pada Jumat, 26 Oktober 2018. Dalam visitasi ini, tim asesor menilai implementasi Tri Hita Karana di sekolah ini lewat penilaian berkas dan bukti fisik pendukung. Penilaian dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu parhyangan, pawongan, dan palemahan. Ketiga bidang ini dinilai oleh tiga orang assesor dengan masing-masing memfokuskan pada satu unsur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *