Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara sakral “The Calling” yang terdiri atas Time Capsule dan Bonfire kembali digelar di SMA Negeri Bali Mandara, pada hari Rabu, 17 Juli 2019. Kegiatan yang juga menjadi puncak rangkaian MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) ini ditujukan untuk peserta didik baru angkatan ke-9 di sekolah ini.

Rangkaian kegiatan pada malam itu diawali dengan acara Time Capsule yang bertempat di lapangan basket sekolah. Duduk melingkar sesuai dengan grha-nya, peserta didik baru menuliskan cita-cita serta harapan masa depan mereka dalam sebuah kertas kecil dan dimasukkan pada botol kecil. Dipandu oleh kepala SMAN Bali Mandara, I Nyoman Darta, mereka diajak untuk merenung dan bercita-cita secara bebas tanpa takut ada belenggu penghalang dalam meraihnya. Botol cita-cita ini disimpan dalam The Calling Chest sebagai pelecut semangat mereka selama mengenyam pendidikan di sekolah ini. Acara ini sangat menyentuh hati, terlihat isak tangis haru para peserta didik baru terutama pada saat merenungkan kondisi keluarga serta berdoa mohon doa restu dari keluarganya. Keharuan dalam benak masing-masing peserta didik berlanjut ketika acara Bonfire dimulai. Secara bergiliran setelah menaruh tabung harapan pada The Calling Chest, peserta didik dalam gerombolan ¬grha menuju ke lapangan upacara dengan didampingi mata/pita masing-masing. Di sepanjang perjalanan, di kanan-kiri berdiri kakak kelas XI dan XII yang masing-masing membawa lilin sebagai simbol tanggung jawab dalam memberikan penerangan jalan kepada adik-adiknya.

Api unggun pun mulai menyala di tengah lapangan. Secara bergiliran ikrar api dibacakan yang kemudian diikuti seluruh peserta didik baru. Secara bergiliran, mereka mematahkan papan yang telah ditulis halangan-halangan yang mungkin muncul untuk meraih cita-cita ke depannya dengan meneriakkan, “I Can Because I Believe I Can.” Kemudian dilemparkan ke dalam kobaran api. Ini merupakan simbolis bahwa mereka harus yakin segala penghalang dalam meraih mimpi sudah dihancurkan. Nantinya, semua peserta didik di SMA Negeri Bali Mandara memiliki tanggung jawab dalam membangkitkan dan saling menjaga api semangat satu sama lain.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *