Skip to content
- Peran Kepala Unit Perpustakaan dalam Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah
- Perencanaan
- Menyusun rencana kerja tahunan perpustakaan sesuai dengan visi dan misi sekolah.
- Mengidentifikasi kebutuhan koleksi buku, referensi, dan sumber daya digital untuk mendukung kurikulum.
- Merancang anggaran perpustakaan, termasuk pengadaan buku, alat, bahan, dan perawatan fasilitas.
- Pengelolaan Koleksi
- Mengelola koleksi perpustakaan, termasuk pengadaan, klasifikasi, katalogisasi, dan pemeliharaan buku serta media lainnya.
- Mengatur sistem penyimpanan koleksi agar mudah diakses oleh pengguna.
- Melakukan inventarisasi dan pencatatan koleksi secara berkala.
- Pelayanan
- Memberikan layanan peminjaman dan pengembalian buku secara efisien.
- Membantu siswa dan guru dalam mencari referensi atau sumber belajar yang relevan.
- Menyediakan fasilitas baca yang nyaman dan kondusif.
- Supervisi dan Pengawasan
- Mengawasi pemanfaatan perpustakaan oleh siswa dan guru.
- Memastikan pelaksanaan tata tertib perpustakaan oleh semua pengguna.
- Mengawasi penggunaan teknologi informasi di perpustakaan, seperti komputer dan internet (jika ada).
- Pemeliharaan dan Keamanan
- Memastikan kondisi koleksi tetap terawat, termasuk perbaikan buku yang rusak.
- Mengelola kebersihan dan keamanan ruang perpustakaan.
- Mengantisipasi kehilangan atau kerusakan koleksi dengan menerapkan sistem keamanan yang efektif.
- Administrasi
- Membuat laporan rutin tentang kegiatan perpustakaan, seperti jumlah pengunjung, buku yang dipinjam, dan koleksi baru.
- Menyusun daftar buku yang hilang, rusak, atau perlu diganti.
- Mendokumentasikan data pengguna perpustakaan.
- Pengembangan Literasi
- Merancang dan melaksanakan program literasi sekolah, seperti kampanye membaca, lomba literasi, atau klub buku.
- Menyediakan pelatihan atau workshop bagi siswa dan guru terkait literasi informasi.
- Meningkatkan koleksi digital (e-book) untuk mendukung kebutuhan pembelajaran berbasis teknologi.
- Mengatur Piket Literasi harian
- Membuat produk karya literasi
- Kolaborasi
- Berkoordinasi dengan guru untuk menyediakan referensi yang sesuai dengan kurikulum dan tugas belajar.
- Bekerja sama dengan komunitas atau lembaga literasi untuk memperluas koleksi dan program literasi.
- Mengundang penulis atau pembicara untuk menginspirasi siswa dalam kegiatan literasi.
- Inovasi dan Pengembangan
- Mengembangkan perpustakaan berbasis digital untuk mempermudah akses informasi.
- Memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan dan pelayanan, seperti sistem otomasi perpustakaan.
- Membuat perpustakaan menjadi pusat sumber belajar interaktif dengan fasilitas multimedia.
- Evaluasi
- Melakukan evaluasi efektivitas layanan perpustakaan secara berkala.
- Mengumpulkan masukan dari pengguna untuk meningkatkan kualitas perpustakaan.
- Melaporkan hasil evaluasi dan rencana perbaikan kepada kepala sekolah.