Perpustakaan

  • Peran Kepala Unit Perpustakaan dalam Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah
  1. Perencanaan
  • Menyusun rencana kerja tahunan perpustakaan sesuai dengan visi dan misi sekolah.
  • Mengidentifikasi kebutuhan koleksi buku, referensi, dan sumber daya digital untuk mendukung kurikulum.
  • Merancang anggaran perpustakaan, termasuk pengadaan buku, alat, bahan, dan perawatan fasilitas.
  1. Pengelolaan Koleksi
  • Mengelola koleksi perpustakaan, termasuk pengadaan, klasifikasi, katalogisasi, dan pemeliharaan buku serta media lainnya.
  • Mengatur sistem penyimpanan koleksi agar mudah diakses oleh pengguna.
  • Melakukan inventarisasi dan pencatatan koleksi secara berkala.
  1. Pelayanan
  • Memberikan layanan peminjaman dan pengembalian buku secara efisien.
  • Membantu siswa dan guru dalam mencari referensi atau sumber belajar yang relevan.
  • Menyediakan fasilitas baca yang nyaman dan kondusif.
  1. Supervisi dan Pengawasan
  • Mengawasi pemanfaatan perpustakaan oleh siswa dan guru.
  • Memastikan pelaksanaan tata tertib perpustakaan oleh semua pengguna.
  • Mengawasi penggunaan teknologi informasi di perpustakaan, seperti komputer dan internet (jika ada).
  1. Pemeliharaan dan Keamanan
  • Memastikan kondisi koleksi tetap terawat, termasuk perbaikan buku yang rusak.
  • Mengelola kebersihan dan keamanan ruang perpustakaan.
  • Mengantisipasi kehilangan atau kerusakan koleksi dengan menerapkan sistem keamanan yang efektif.
  1. Administrasi
  • Membuat laporan rutin tentang kegiatan perpustakaan, seperti jumlah pengunjung, buku yang dipinjam, dan koleksi baru.
  • Menyusun daftar buku yang hilang, rusak, atau perlu diganti.
  • Mendokumentasikan data pengguna perpustakaan.
  1. Pengembangan Literasi
  • Merancang dan melaksanakan program literasi sekolah, seperti kampanye membaca, lomba literasi, atau klub buku.
  • Menyediakan pelatihan atau workshop bagi siswa dan guru terkait literasi informasi.
  • Meningkatkan koleksi digital (e-book) untuk mendukung kebutuhan pembelajaran berbasis teknologi.
  • Mengatur Piket Literasi harian
  • Membuat produk karya literasi
  1. Kolaborasi
  • Berkoordinasi dengan guru untuk menyediakan referensi yang sesuai dengan kurikulum dan tugas belajar.
  • Bekerja sama dengan komunitas atau lembaga literasi untuk memperluas koleksi dan program literasi.
  • Mengundang penulis atau pembicara untuk menginspirasi siswa dalam kegiatan literasi.
  1. Inovasi dan Pengembangan
  • Mengembangkan perpustakaan berbasis digital untuk mempermudah akses informasi.
  • Memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan dan pelayanan, seperti sistem otomasi perpustakaan.
  • Membuat perpustakaan menjadi pusat sumber belajar interaktif dengan fasilitas multimedia.
  1. Evaluasi
  • Melakukan evaluasi efektivitas layanan perpustakaan secara berkala.
  • Mengumpulkan masukan dari pengguna untuk meningkatkan kualitas perpustakaan.
  • Melaporkan hasil evaluasi dan rencana perbaikan kepada kepala sekolah.