Foundation merupakan program khusus akademik yang memberikan konsep dasar-dasar pelaksanaan pembelajaran di SMAN Bali Mandara. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan di awal kegiatan belajar peserta didik baru ini merupakan strategi agar peserta didik memiliki kemapuan dasar yang akan mempermudah siswa dalam menyerap pembelajaran lanjutan. Hal ini dilakukan karena input peserta didik yang masuk ke SMAN Bali Mandara memiliki kemampuan yang berbeda-beda termasuk lemahnya kemampuan dasar mereka.

Strategi ini diibaratkan sebagai sebuah anak panah yang ditarik ke belakang, diharapkan peserta didik baru ini dapat melesat dengan cepat dalam menyerap materi pembelajaran lanjutan. Hal ini tentu akibat dari kokohnya pemahaman dasar mereka berkat pelaksanaan Foundation.

IMG_9251SMA Negeri Bali Mandara memiliki Rite and Ritual yang dilaksanakan bagi seluruh peserta didik baru. Kegiatan yang dilaksanakan usai penutupan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tersebut bernama The Calling, yang terdiri atas Time Capsule dan Bonfire.

Time Capsule merupakan kegiatan yang menggugah dan menyentuh perasaan peserta didik untuk berani bercita-cita walaupun mememiliki kendala/halangan seperti keadaan ekonomi keluarga. Peserta didik akan diarahkan untuk melihat ke depan, menulis harapan dan cita-citanya pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam sebuah botol sebagai sebuah janji untuk bersemangat dan terus berjuang mencapainya.

Selanjutnya, kegiatan Bonfire. Pada kegiatan ini peserta didik menulis hambatan-hambatan yang mereka hadapi untuk meraih cita-cita tersebut pada sebuah papan kemudian dipatahkan dan dibakar di api unggun. Hal ini bermakna bahwa hambatan itu bisa mereka taklukkan sehingga tidak ada halangan lagi untuk meraih cita-cita tersebut dalam diri mereka.