Smanbara 6th Anniversary : Menengok Ke Dalam, Berserah ke Atas

IMG_9832

Pemimpin Apel untuk makan siang telah memberikan aba – aba untuk memberikan laporan kepada pembina Apel makan. Siswa SMA N Bali Mandara yang memenuhi kantin telah duduk dengan tegak untuk memulai makan siang. Setelah laporan dari pemimpin apel tiba – tiba suara dari pengeras suara, “ happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday happy birthday happy birthday to you”, begitulah cara warga SMA N Bali Mandara untuk memperingati hari spesial yang tepat jatuh pada Sabtu, 08 April 2017.

Suasana siang hari yang sedikit menyengat menemani siswa Smanbara berkumpul di lapangan untuk melaksanakan makan bersama. Tepat pukul 12.15 seluruh warga SMA N Bali Mandara menuju ke kantin untuk melaksanakan makan siang bersama. Namun makan siang yang tepat pada tanggal 08 April ini bukanlah makan siang seperti biasanya. Hari ini menjadi hari yang spesial bagi seluruh warga SMAN Bali Mandara karena bertepatan dengan ulang tahun sekolah yang ke-6.

Suasana perayaan ulang tahun SMA N Bali Mandara kali ini berjalan dengan penuh kekeluargaan dan berbalut kesederhanaan. Tepat di kantin sekolah, semua warga sekolah mulai dari siswa, guru dan staff berkumpul untuk mengikuti rangkaian acara yang telah dipersiapkan. Acara dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah I Nyoman Darta dihadapan seluruh warga sekolah. “ Di usia sekolah yang ke-6, marilah kita menengok diri kita ke dalam atau mulat sarira serta berserah diri pada yang di atas,” ujar Nyoman Darta. Ia juga menambahkan bahwa mempertahankan goodwill sebuah instansi lebih sulit daripada berjuang untuk mendapatnya. “Jika sebuah instansi sudah berada di puncak, maka hal yang pasti terjadi adalah penurunan sehingga kita harus berusaha untuk tetap berada di puncak,” paparnya kepada seluruh siswa.

Acara puncak adalah saat pemotongan tumpeng berupa nasi kuning oleh Nyoman Darta selaku kepala sekolah yang didampingi oleh guru dan staff. Seluruh warga Smanbara bernyanyi lagu “Happy Birthday” dengan meriah dan bersemangat. Suasana menjadi riuh seiring dengan tepuk tangan warga Smanbara saat tumpeng dipotong. Seluruh warga sekolah sangat menikmati perayaan hari ulang tahun SMAN Bali Mandara yang ke-6 ini.

Di samping acara inti, terdapat pula acara pembagian bingkisan dari salah satu stakeholder kepada kelas 12 di SMAN Bali Mandara. Namun ada hal unik yang terjadi karena saat pengambilan bingkisan, siswa kelas 12 berjanji untuk mendapatkan nilai Ujian Nasional minimal 8,00 seperti yang diamanatkan oleh I Nyoman Darta. “Ya, kami seluruh siswa kelas 12 berjanji bahwa nilai UN kami harus 8,00 minimal, Astungkara,” jelas Unggara salah satu siswa kelas 12 dan sontak seluruh siswa kelas 12 bertepuk tangan dengan semangat sembari tertawa.

Banyak harapan dan doa yang dilantunkan dari seluruh warga Smanbara untuk kemajuan sekolah ke depannya. Di usia yang ke-6 ini, SMAN Bali Mandara mengemban tugas yang semakin berat untuk menciptakan pemimpin masa depan seperti yang tertuang dalam visi sekolah. Di usia yang sudah semakin tua, tanggung jawab yang dipikul akan semakin berat sehingga diperlukan perjuangan dan usaha yang keras untuk memajukan nama Almamater. “Semoga di ulang tahun ke-6 ini Smanbara semakin jaya, sukses dan terkenal di Bali, Indonesia hingga dunia,” ujar Wahyu selaku ketua OSIS SMAN Bali Mandara.
“Untuk menjadikan SMAN Bali Mandara tetap eksis, seluruh warga sekolah harus memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin untuk sekolah,” ungkap Nyoman Darta mengakhiri pidatonya.(pio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>