Inovasi Alat Sterilisasi Peralatan Medis Karya Siswa Smanbara Raih Juara 3

Sebagai sekolah yang berbasis riset, siswa SMAN Bali Mandara tak henti-henti melakukan penelitian untuk membantu permasalahan yang ada di sekitarnya. Baru-baru ini tim peneliti yang terdiri atas Ni Ketut Septiani, Ni Wayan Deasi Sastra Astiti, dan Ni Ketut Sri Rahayu menciptakan alat Sterilisasi Peralatan Medis Portable di Tempat Bencana Berbasis Energi Surya yang disebut “SEMES-Box (Solar Energy Based Medical Equipment Sterilization Box).”Deasi sastra mengungkapkan bahwa diciptakannya alat ini karena rentannya di Indonesia terjadi bencana alam. “Pada saat bencana, proses penanganan korban akan terganggu karena tidak adanya sumber energi listrik, maka dari itu kami berinovasi menciptakan alat SEMES-Box inovasi alat sterilisasi alat medis yang menggunakan energi alternatif yaitu energi surya,” ungkap siswi kelas XI MIPA 1 ini.

Baru-baru ini, karya hasil binaan Guru Kimia, I Wayan Madiya,S.Pd., M.Pd. tersebut diikutsertakan pada ajang lomba bertajuk “Electro and Computer competition VIII” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana tahun 2021. Setelah melewati babak penyisihan dan lolos menjadi finalis, tim ini berhasil meraih juara 3 berdasarkan pengumuman final dari panitia pada tanggal 21 Maret 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>