FullSizeRenderKonsulat Jendral (Konjen) India di Bali, Mr. Sunil Babu, didampingi Gubernur Bali, Made mangku Pastika, Sabtu (20/8) meresmikan dibukanya Indian corner di bawah hall SMA Negeri  Bali Mandara. Indian corner merupakan pojok baca yang disumbangkan oleh Konsulat Jendral India dengan isi bacaan bernuansa khas budaya India. Ratusan tersebut didominasi oleh cerita-cerita Hindu yang pada dasarnya berasal dari India.  

Peresmian ini menjadi istimewa ini karena bertepatan dengan Inaugurasi Peserta didik baru SMA/SMK Negeri Bali Mandara yang juga dihadiri pejabat-pejabat penting seperti Konjen Jepang, Ketua  DPRD Provinsi Bali, Bapak Adi Wiryatama, Bupati Gianyar, dan pejabat lainnya. Sunil Babu dalam pidatonya mengungkapkan berdirinya Indian Corner merupakan bentuk komitmen Pemerintah India dalam membantu pendidikan di Indonesia. Salah satu komitmen itu diwujudkan dengan memberikan bantuan bahan bacaan bagi para siswa di Indonesia.

Ketertarikan warga sekolah membaca Indian Corner sudah terlihat bahkan sebelum pojok baca ini dibuka. Bahan bacaan bernuansa India yang tersedia menjadi daya tarik tersendiri akibat kuatnya hubungan budaya India dengan budaya Bali.

Beririnya Indian corner ini sejatinya mendukung program yang telah dicanangkan sekolah terkait Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan ini kini terus digelorakan melalui program-program pembudayaan ekosistem literasi sekolah hingga nantinya warga sekolah dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat.

FullSizeRender_1 IMG_1030

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *