Sebanyak 4 siswa dari SMA Negeri Bali Mandara siap diberangkatkan mengikuti program pertukaran pelajar Bina Antarbudaya ke Amerika Serikat (AS) lewat program YES (Youth Exchange and Study). Mereka dinyatakan lolos setelah menyisihkan pelamar lainnya lewat berbagai tahapan seleksi yang dilakukan oleh Bina Antarbudaya Chapter Denpasar. Keempat orang tersebut, yaitu I Made Yogi Windu Saputra, Ni Luh Putu Dian Eka Astari, Made Kashin Bebyarista, dan Putu Wulandari Dyana Putri, yang akan diberangkatkan tanggal 7 Agustus 2017. Hal ini menunjukkan keberhasilan siswa SMA Negeri Bali Mandara yang secara konsisten menjadi peserta pertukaran pelajar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Seleksi pertukaran pelajar antarnegara ini memberikan kesempatan pada pelajar untuk merasakan pengalaman belajar di luar negeri selama hampir setahun. Kegiatan pelepasan dilakukan oleh Bina Antarbudaya Chapter Denpasar di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Kamis (20/7) siang Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali itu bertujuan untuk memberikan pembekalan dan persiapan kepada peserta mengenai etika, pranata-pranata kebudayaan Bali secara lebih mendalam, dan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih cepat beradaptasi di tempat belajar yang baru.

Untuk diketahui, program YES (Youth Exchange and Study) adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh AS kepada siswa SMA/Sederajat. Selama program berlangsung, peserta akan tinggal bersama keluarga angkat yang merupakan warga AS dan bersekolah di SMA setempat. Mereka nantinya akan disebar di seluruh Negara Bagian Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *