Selama ini menentukan masa birahi sapi dengan sistem pengamatan langsung oleh para peternak seringkali tidak akurat dan mengalami kesalahan prediksi sehingga menimbulkan kerugian para peternak. Waktu yang tepat untuk mengawinkan sapi betina adalah ketika sapi tersebut birahi. Sapi betina mau menerima pejantan untuk perkawinan hanya ketika birahi saja. Fenomena inilan yang kemudian menarik minat dua siswa SMA Negeri Bali Mandara, yaitu I Dewa Gede Wicaksana Prabaswara dan Yuan Dwi Kurniawan untuk menciptakan Alat Pendeteksi Sapi Birahi yang diberi nama Apeksi.

Dijelaskannya, alat ini menggunakan sensor-sensor seperti sensor suara untuk menginput data frekuensi nafas, sensor detak jantung, sensor suhu, dan sensor jarak yang mengukur jumlah pergerakan sapi. Kemudian data-data tersebut diolah dengan Arduino. “Jika keempat indikator menunjukkan kondisi sapi birahi, akan mengeluarkan output berupa buzzer dan LED RGB, pesan singkat pada ponsel peternak, beserta LCD,” ungkapnya. Output yang banyak ini menurutnya juga untuk menfasilitasi peternak yang buta huruf sehingga bisa menggunakan alat ini dengan mendengar alarm penanda birahi.Alat yang sempat diujicobakan di Subak Sedayu Buleleng ini pun dianugrahi medali emas pada Olimpide Peneliti Siswa Indonesia (OPSI) 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan SMA pada tanggal 9 sampai 14 Oktober 2017 bertempat di Hotel Savana, Malang. Karya ini mampu meraih medali emas 1 pada ketegori Sains dan Teknologi dari 4 medali emas pada kategori tersebut. Sebelumnya, mereka juga telah melewati tahap seleksi awal bersaing dengan 1.207 naskah penelitian dari 2092 siswa dan 1.792 sekolah di seluruh Indonesia.

Selain mendapat medali emas, dua siswa SMA Negeri Bali Mandara, yaitu Ni Ketut candra Puspita dan Ni Komang Widiyantini juga sukses meraih medali perak pada ajang itu. Mereka membuat penelitian yang berjudul Palimpaste (Pemanfaatan Limbah Ampas Teh sebagai Paving Block Biokomposit) untuk memanfaatkan ampas teh sebagai bahan paving yang murah dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *