Dalam rangka meningkatkan kualitas karya tulis guru, SMAN Bali Mandara melaksanakan Seminar Penetian Tindakan Kelas (PTK), pada Rabu 7 Maret 2018, di TRRC sekolah. Tidak hanya guru dari sekolah ini yang menyeminarkan PTK-nya, tetapi juga guru dari sekolah luar yang berpartisipasi. Ada 4 guru yang menyeminarkan proposal maupun hasil PTK-nya, dengan rincian 3 guru dari SMAN Bali Mandara dan 1 guru SMAN 4 Singaraja. Partisipasi sekolah luar juga terlihat dari hadirnya guru-guru SMA/SMK yang ada di Kabupaten Buleleng sebagai peserta, seperti SMAN 1 Kubutambahan, SMKN 1 Kubutambahan, SMAN 1 Sawan, SMAN 2 Singaraja, SMAN 4 Singaraja, dan SMKN Bali Mandara.

Selain itu, panitia juga menghadirkan 2 orang interviewer, yaitu Dra. Made Mas Suartini, M.Pd. (pengawas provinsi) dan I Kadek Sembah Sumadiartha, M.Pd (Wakasek Kurikulum SMKN Bali Mandara). Dalam reviewnya terhadap salah satu penyeminar, Dra. Made Mas Suartini, M.Pd. menganalogikan bahwa membuat PTK tersebut diibaratkan sebagai sebuah penyakit. “Kita ketemu penyakit, kita pegang penyakit itu, kita obati, itulah esensi PTK,” ungkapnya.

Selanjutnya, informasi rinci terkait judul dan penulis PTK yang diseminarkan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 (Irma Yuliandari, S.Pd., M.Pd., SMA Negeri 4 Singaraja )
  2. Penerapan Flip Clasroom Berbantuan Edmodo dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2017/2018 (Ayuk Ratna Puspaningsih, S.Pd., M.Pd., SMAN Bali Mandara)
  3. Penggunaan Media Pembelajaran SPU NAIF untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur (Ni Made Sri Narawati, S.Pd., M.Pd., SMAN Bali Mandara)
  4. Implementasi Post to Post Physics Adventure (P3A) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (I Kadek Darsika Aryanta, S.Pd., M.Pd. SMAN Bali Mandara)

1
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *