Monthly Archives: November 2020

Dua Siswa SMAN Bali Mandara Raih Medali Emas dan Perak pada Olimpiade Sains POSI

Dua siswa SMAN Bali Mandara atas nama Gede Arya Diva Dhananjaya dan Ni Luh Sri Astuti berhasil meraih medali dalam ajang Olimpiade daring yang dilaksanakan oleh Lembaga Pelatihan Olimpiade Siswa (POSI) pada Minggu, 22 November 2020.

Kegiatan ini merupakan lomba tingkat nasional bertajuk Olimpiade Pahlawan Sains Nasional yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Diva Dhananjaya berhasil memperoleh medali emas pada bidang Kimia, sementara itu Sri Astuti meraih medali perak pada bidang Biologi.

SMAN Bali Mandara dan STAHN Mpu Kuturan Singaraja Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama

Singaraja, 16 November 2020, bertempat di Gedung Pertemuan STAHN Mpu Kuturan Singaraja, telah dilaksanakan penandatangan kerja sama antara pihak SMA Negeri Bali Mandara dengan STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Kesepakatan yang dilakukan dengan perguruan tinggi negeri yang bernapaskan agama Hindu tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Beri Hadiah kepada Luh Baskariani

Serangkaian kegiatan final Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020, salah satu siswa SMAN Bali Mandara, Luh Baskariani, yang ikut dalam ajang itu mendapat hadiah kejutan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Baskariani mendapat hadiah berupa sebuah laptop, Baju kaos, dan buku karena keberaniannya berbicara dan mengutarakan pendapat ketika Bapak Ganjar Pranowo menjadi narasumber webinar “Kepemimpinan di Era Kenormalan Baru” bagi para finalis KoPSI.

Salut, Peneliti Muda SMAN Bali Mandara Raih Emas dan Perak pada Ajang KoPSI

Para peneliti muda SMAN Bali Mandara tak henti-hentinya mengukir prestasi. Raihan prestasi tingkat nasional berhasil mereka sumbangkan lagi dari ajang bergengsi, Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2020. Dua hasil penelitian dari siswa SMAN Bali Mandara binaan I Kadek Yuli Artama ini berhasil meraih medali emas dan perak dari kompetisi yang dulunya bernama OPSI tersebut. Para pemenang diumumkan pada saat penutupan KoPSI yang dilaksanakan secara daring tanggal 6 November 2020.

Medali emas diraih oleh I Gusti Ngurah Sucahya Satria Adi Pratama dan Ni Putu Ari Budiani yang meneliti sebuah alat yang mampu mendeteksi kelayakan kawin vanili. Mereka memberi nama penelitiannya, “Vastor (Vanilla Smart Detector): Inovasi Peningkatan Mutu Argikultur Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.” Sucahya menyampaikan bahwa Vastor adalah alat yang mampu mendeteksi kelayakan kawin vanili dengan sensor warna TCS230 dan sensor suhu inframerah MLX90614 sebagai input, arduino sebagai pemrosesan, dan LCD sebagai output.